Mobil  

Toyota Kenalkan Camry V Terbaru, Gunakan Mesin Baru yang Lebih Bertenaga

tautekno.com – JAKARTA — Meski tak ada acara besar-besaran, PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan memperkenalkan pembaruan varian mesin konvensional Camry. Ia melengkapi varian hybrid yang ramah lingkungan yang sudah lebih dulu mendapatkan pembaruan.

Dalam keterangannya disebutkan, New Camry hadir dengan mesin bensin baru berbasis teknologi Toyota New Global Architecture (TNGA). Mesin ini menawarkan efisiensi bahan bakar serta emisi gas buang yang lebih rendah. Tambahan lain, meski hadir dengan mesin baru dan fitur lebih segar, Toyota mengklaim New Camry memiliki harga yang lebih kompetitif.

President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda, mengatakan sebagai perusahaan mobilitas, Toyota berkomitmen untuk menghadirkan Total Mobility Solution. Tidak hanya melalui ever-better cars yang semakin lengkap termasuk dengan adanya pilihan teknologi elektrifikasi, namun juga dengan berbagai layanan yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan dan trend yang sedang berkembang saat ini.

“Kami hadirkan New Camry V dan New Camry Hybrid yang didukung dengan layanan mobilitas Toyota untuk memberikan pengalaman bermobilitas yang menyenangkan dan personal yang juga menjadi bagian dari upaya kami dalam mewujudkan Mobility Happiness for All,” kata Susumu Matsuda dalam keterangan resmi, Rabu (18/11/2021).

Mesin baru TNGA pada New Camry V menggunakan model baru berkode A25A-FKS meningkat dari 183 PS pada 6.000 rpm menjadi 204 PS pada 6.600 rpm. Torsinya pun naik dari 234,3 Nm menjadi 243,2 Nm. Mesin ini dipasangkan transmisi baru yakni otomatis 8-speed yang menawarkan pengalaman berkendara dan penyaluran tenaga yang lebih efisien.

Baca Juga:  HEBAT! Beli Mobil Suzuki Hingga Akhir Tahun Banyak Untungnya

Toyota juga mengklaim, mesin baru ini menghasilkan emisi CO2 yang lebih rendah yakni 148 g/km. Efisiensi bahan bakar juga meningkat menjadi sekitar 16,3 km per liter, tentu dengan catatan ini tergantung kondisi jalan dan gaya yang berbeda-beda.

Camry terbaru hadir dengan tampilan eksterior yang tegas dan elegan, sesuai dengan tema Athletic yet Prestige yang diusungnya. Bumper depan dengan grille model baru membuat tampilannya tetap menghadirkan sedan premium. Penggunaan silver alloy wheel berukuran 18 inci dengan lampu depan serta belakang berteknologi LED, membuat tampilan sedan ini lebih segar.

Interiornya tetap memberikan kelas tersendiri sebagai sedan premium. New Captivating interior design memberikan kesan yang lebih elegan dan mewah ditambah dengan head unit model floating.

Meski belum mendapatkan sentuhan Toyota Safety Sense (TSS) seperti model hybrid, Camry V hadir dengan perangkat keselamatan 7 SRS airbag di interior, ABS EBD BA, Smart entry, rear camera serta back & corner sensor.

New Camry juga dilengkapi dengan layanan after sales. Pelanggan tidak perlu lagi memikirkan biaya perawatan berkala saat akan memilikinya karena otomatis akan mendapatkan benefit program Gratis Biaya Servis Berkala (Biaya Jasa dan Suku Cadang) hingga servis berkala ke-6 (maksimal 4 tahun/ 50,000 KM mana yang tercapai lebih dahulu). Benefit program ini dapat dinikmati di seluruh jaringan bengkel resmi Toyota di Indonesia.

Baca Juga:  MG 5 GT Diuji ke Jalur Selatan Jawa Barat, Cocok Buat Tunggangan Milenial

Sayangnya belum ada harga resmi yang diumumkan TAM. Namun untuk informasi, model sebelumnya Camry 2.5 G dijual Rp 594,6 juta dan 2.5 V dibanderol Rp 603,9 juta.

Kehadiran Camry terbaru menjadi penanda langkah Toyota yang memandang pasar otomotif Indonesia bergerak membaik. Tahun lalu pasar otomotif berada di level 580 ribu unit dan kini sudah berada di level 911 ribu unit. Pasar sedan sendiri mengalami kenaikan ke level 4.200 unit dan level 3.700 unit di tahun lalu.

“Pertumbuhan positif pada pasar otomotif nasional, termasuk pada pasar sedan tentunya tidak lepas dari peran Pemerintah Indonesia yang senantiasa memberikan kemudahan bermobilitas bagi masyarakat. Terima kasih dukungan yang diberikan ke industri otomotif, termasuk dengan adanya Kebijakan Pajak Karbon (CO2) yang membuat harga jual kendaraan rendah emisi gas buang menjadi lebih kompetitif.” Vice President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Henry Tanoto.

“Kami bersyukur produk-produk Toyota, termasuk New Camry V yang menggunakan mesin internal combustion (ICE) maupun New Camry Hybrid yang sudah dilengkapi dengan teknologi elektrifikasi, menghasilkan level CO2 yang rendah. Kami harap, New Camry tidak hanya dapat memberikan kenyamanan dan keamanan yang lebih baik kepada pelanggan saat bermobilitas, namun juga dapat menjadi bagian dari upaya bersama kami beserta pelanggan dalam menekan angka CO2 kedepannya,” tutup Henry. (SETYO ADI/RAJU)

Baca Juga:  Tantangan Mobil Listrik yang Penjualannya Masih Minim di Indonesia

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *