Mobil  

Toyota Corolla Cross Akhirnya Punya Versi JDM Dibuat Tampil Eksklusif

tautekno.com – TOKYO – Toyota Corolla Cross telah hadir di pasar otomotif sejak tahun lalu, yang telah dipasarkan di berbagai negara termasuk Indonesia. Tapi, rupanya baru sekarang Corolla Cross resmi diluncurkan untuk pasar Jepang. Untuk beredar di negaranya sendiri, Toyota meluncurkan Corolla Cross dengan sejumlah perbedaan yang tidak didapatkan negara lain.

Sejauh ini, Corolla Cross telah meluncur hanya untuk pasar Asia Tenggara, Taiwan, dan Amerika, sebelum tiba di Jepang. Ketiga Kawasan tersebut mendapatkan versi yang cukup mirip, baik dari tampilan maupun spesifikasi. Khusus untuk di Jepang, Toyota tampaknya ingin tampil beda dan eksklusif dalam menawarkan versi SUV dari sedan terlaris mereka ini.

Dari tampilan luarnya, Toyota membuat tampang Corolla Cross menjadi lebih tegas dan garang. Ditunjukkan melalui desain grille yang lebih ramping, tapi punya frame heksagonal yang malah lebih tebal. Ada logo berbeda di moncong mobil, seakan menandakan model khusus pasar Jepang. Desain lampu utama juga dibedakan dengan “alis” DRL lebih ramping, disertai lampu sein sequential.

Baca Juga:  Range Rover 2022 Hadir Dengan Varian LWB dan Tetap Tawarkan Mesin V8

Tidak hanya di depan, elemen visual di sisi belakang juga dibuat berbeda. Grafis lampu belakang dibuat lebih mencolok agar semakin menarik perhatian. Bagian bawah buritan diberikan aksen strip chrome menghiasi bumper hitam. Selebihnya, tampilan luar Corolla Cross versi ‘JDM’ ini tidak berbeda dengan yang beredar di negara lainnya.

Meski tampilan luar punya perbedaan yang signifikan, Toyota nyaris tidak mengubah tampilan interior Corolla Cross. Dashboard bergaya horizontal dihiasi layar infotainment menyembul di tengah, dengan desain yang sama seperti Corolla versi sedan dan hatchback. Desain yang sama dipakai juga pada joknya, dengan lapisan kulit berwarna hitam. Iluminasi LED untuk ambient lighting memberikan nuansa mewah.

Layar infotainment di tengah dashboard sudah mendukung Android Auto dan Apple CarPlay sebagai standar. Sementara informasi bagi pengemudi diakomodasi oleh layar 7 inci sebagai panel instrumen digital. Pintu bagasi elektris alias motorized tetap tersedia seperti Corolla Cross pasar lainnya.

Baca Juga:  Market Share Daihatsu Cetak Rekor, Tertinggi Sepanjang Sejarahnya di Indonesia

SUV dengan platform TNGA-C ini juga mengandalkan mesin bensin 1.8 liter Dual VVT-I, dengan tenaga 138 hp dan torsi 170 Nm. Mesin dengan kode 2ZR-FAE ini punya tambahan Valvematic variable valve, yang menambah tenaga 1 hp namun torsinya turun 2 Nm dari versi non-Jepang. Transmisi CVT tentunya tetap ditawarkan sebagai pasangan dari mesin ini.

Tersedia varian hybrid juga, dengan mesin 95 hp dan 142 Nm, dipadukan motor listrik 69 hp dan 163 Nm, yang ketika keduanya bersinergi menghasilkan tenaga 119 hp. Varian dengan penggerak all-wheel drive (AWD) alias E-Four mendapatkan tambahan motor listrik di roda belakang. Daya tempuh versi hybrid diklaim bisa menghasilkan konsumsi bahan bakar 26,2 km/liter (WLTP).

Di Jepang, Corolla Cross yang akhirnya datang ini dipasarkan dengan harga mulai 1,999 juta yen (Rp 260,4 jutaan), sampai yang termahal 3,199 juta yen (Rp 416,7 jutaan) untuk varian Hybrid Z dengan sistem E-Four.WAHYU HARIANTONO

Baca Juga:  Suzuki Baleno Dapat Major Facelift di India, Tampilan Berubah Luar dan Dalam

Sumber: Paultan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *