Mobil  

Top 3 Berita Minggu Ini: Debut Renault Triber, Honda Accord Turbo dan Peluncuran Honda Genio

tautekno.com – Menjelang GIIAS 2019 berlangsung, semakin terkuak produk baru yang akan dipajang. Suzuki Jimny sudah dipastikan melakukan peluncuran resmi. Renault Triber juga dikonfirmasi menjadi andalan Renault Indonesia. Lalu Honda Prospect Motor ketahuan sedang menyiapkan Accord generasi baru. Dunia roda dua tak kalah seru. Astra Honda Motor mencuri start melalui debut dunia Honda Genio.

Renault Triber Mendebut

India menjadi pusat peluncuran perdana MPV kecil dan murah dari Renault. Perhatian publik Tanah Air pun tertuju ke sana, untuk menjawab semua rasa penasaran soal mobil yang bakal meluncur di GIIAS 2019. Ya, nantinya Maxindo Renault Indonesia memasarkan Triber sebagai pengganggu kelas Low MPV ataupun LCGC 7-seater.

Penampilannya sekilas mirip Renault Kwid. Tak salah, karena memang keduanya saling berbagi platform. Alias Triber memakai sasis CMF-A milik Kwid yang dimodifikasi. Lalu karakter SUV dimasukkan sehingga tercipta ciri khas ala MPV crossover. Mirip Datsun Cross, dengan moulding plastik hitam di sekitar bodi dan tersedia roof rail.

Baca Juga:  Cicilan Daihatsu Sigra Mulai Rp 3 Jutaan, Berapa DP-nya?

Walau sebuah MPV 7-seater, dimensi Triber tergolong kecil. Bahkan bodi Toyota Calya lebih panjang sedikit. Kuncinya ada pada jarak sumbu roda 2.636 mm yang mendekati wheelbase Toyota Avanza. Berakibat overhang pendek, menyerupai postur hatchback. Di India, Triber ditenagai mesin 3-silinder 1,0-liter bertenaga 72 PS dan torsi 96 Nm. Terdengar kurang meyakinkan untuk melawan merek lain yang rata-rata bermesin 4-silinder 1,2-liter. Akan Triber cocok untuk pasar Indonesia? Baca di sini.

Honda Accord Turbo Segera Meluncur

Kepastian generasi terbaru Honda Accord hadir di Indonesia tidak akan lama lagi. Sebuah foto tersebar di media sosial, mempelihatkan sosok model Accord anyar sedang diangkut di atas truk towing. Data di website resmi Samsat Jakarta juga sudah tercantum lama. Sepertinya GIIAS 2019 bulan depan menjadi momen pas untuk meluncurkannya.

Jika masuk Indonesia, kemungkinan besar masih diimpor dari Thailand. Di sana, Honda Accord turbo menawarkan banyak fitur. Wujudnya berupa pelek 17 inci, LED headlight and taillights, dual-zone climate control, smart entry with push button start, TFT digital meter 7 inci dan multi-angle rearview camera.

Baca Juga:  Perhatikan Hal Ini Sebelum Ganti Rem Cakram Mobil

Mesin 1,5 liter VTEC turbo diadopsi dari Honda Civic dan CR-V turbo. Unit menyuplai tenaga maksimal 195 PS pada 5.500 rpm dan torsi puncak 260 Nm mulai 1.600 rpm. Insinyur Honda meracik ulang ECU dan engine untuk mengimbangi bodi yang bongsor. Selengkapnya baca di sini.

Honda Genio Lebih Murah dari Scoopy

Astra Honda Motor punya skutik baru bernama Genio. Ya, namanya mengingatkan Honda Civic Genio, sedan yang terkenal di era 90an. Genio versi motor tak lain adalah versi produksi konsep Project G. Tadinya digadang sebagai versi Scoopy dengan mesin lebih besar dan mewah. Nyatanya tidak demikian.

Justru Genio diposisikan sebagai entry level di bawah Scoopy. Mesinnya pun bukan 150 cc seperti rumor yang merebak. Harganya juga lebih murah dari Scoopy. Mau tahu lengkapnya, baca di sini. (Odi)

Baca Juga:  GIIAS 2019: Ini Harga Mitsubishi Eclipse Cross dan Outlander PHEV

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *