Tips untuk Menghemat BBM Mobil Matic

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/25/XlYbOKmo/a-3-1e23.jpg”>

Dilansir dari beberapa sumber, berikut tipsnya.

1. Jangan mengemudi di jam sibuk

Mengemudi di jam sibuk maupun mengemudi ketika macet sangat menguras bahan bakar. Bukan hanya untuk mobil matic, tetapi juga mobil manual juga menjadi boros bbm. Karena mobil harus berhenti, lalu berjalan dan berhenti lagi, pemakaian bahan bakar menjadi tidak teratur dan tidak konstan. Hal ini membuat minyak menjadi lebih cepat terkuras habis.

Hindari mengemudi ketika macet

2. Tutup jendela

Sebenarnya tidak terlalu bermasalah jika teman mengemudi di dalam kota dengan kecepatan yang sedang maupun pelan. Tetapi akan menjadi sedikit bermasalah jika teman berkendara di jalanan sepi maupun di jalan tol.

Jendela yang terbuka akan menghambat mobil untuk melaju kencang. Peneliti menyebut hal ini sebagai aerodinamis. Tutup rapat semua jendela jika teman ingin berkendara dengan kencang agar angin tidak menahan mobil sehingga dibutuhkan banyak tenaga untuk membuat mobil berjalan kencang

Menutup jendela ketika sedang kencang akan mengurangi pemakaian bbm

Baca Juga:  5 Wisata Unik dan Instagrammable di Bali yang Wajib Anda Coba

3. Jangan membawa barang-barang yang tidak penting

Karena mobil membutuhkan tenaga untuk berjalan, semakin banyak bawaan di dalam mobil berarti semakin berat mobil. Jika mobil semakin berat, maka tenaga yang dibtuhkan juga menjadi besar dan berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar. Jadi, untuk menghemat bbm mobil matic, disarankan agar tidak memperberat angkutan mobil.

Kurangi berat bawaan mobil

4. Lakukan akselerasi dengan mulus

Salah satu kesenangan terbesar bagi pengguna mobil matic adalah tidak perlu memindahkan transmisi untuk berakselerasi. Tetapi, melakukan akselesari dengan kasar (melaju kencang ketika baru saja melambat) akan membuat bahan bakar terhisap dengan cepat. Lakukan akselerasi dengan perlahan dan pastikan menggunakan kecepatan dengan konstan untuk menghemat penggunaan bahan bakar.

Masukan gas secara perlahan

5. Jangan tekan gas terlalu dalam

Hal ini erkaitan dengan melakukan akselerasi dengan kasar seperti di atas, menekan gas dalam-dalam akan menguras bahan bakar dengan cepat. Ketika teman ingin menambah kecepatan, usahakan untuk perlahan menekan gas dan memapah dari akselerasi lambat ke kencang. Teman bisa saja langsung menekan gas dan melaju kencang, tapi ingat, mobil teman akan memakan bahan bakar lebih cepat.

Baca Juga:  Ingin Modifikasi BMW M2 Competition Pakai Aksesoris Resmi M Performance Parts? Cek Rekomendasi Berikut Ini

Jangan terburu-buru

6. Matikan pendingin udara

Pendingin udara juga berpengaruh terhadap pemakaian bahan bakar. Jika tidak terlalu panas, bukalah jendela sedikit untuk membiarkan angina masuk sehingga teman tidak perlu menggunakan pendingin udara. Jika teman masih ingin menggunakan pendingin udara, berkendara dengan cepat dan konstan setidaknya bisa membuat teman cepat sampai tujuan dengan tidak membuang-buang bahan bakar berlebih.

Cek tekanan ban setiap akan bepergian

7. Cek tekanan udara ban

Matikan AC akan lebih menghemat bbm mobil matic

Semakin rendah tekanan ban mobil, akan lebih banyak bahan bakar yang diperlukan untuk menggerakkan mobil. Lakukan pengecekan terhadap ban mobil setiap akan berangkat. Dan juga, direkomendasikan untuk melakukan pengecekan ban selama 5 menit dalam 2 minggu. Jika teman tidak mengetahui dengan pasti takaran tekanan udara dalam mobil, biasanya tertulis di samping tempat kunci di sebelah pintu pengemudi.

Baca Juga:  Kebiasaan mengemudi Orang Jepang yang Bisa Diterapkan di Indonesia

Menghemat bbm mobil matic sebenarnya tidak terlau susah. Tetapi, menggunakan mobil manual memang terbukti lebih menghemat bahan bakar. Karena itu, jangan ragu untuk melakukan tips di atas untuk menghemat pemakaian bahan bakar mobil matic.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *