Tips Test Drive untuk Membeli Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/16/XlYbOKmo/a-1-00dd.jpg”>

Pertimbangkan beberapa hal sebelum anda membeli mobil baru

Untuk itu, sebelum anda membeli mobil, kami akan memberikan beberapa tips dan hal yang harus dilakukan ketika test drive untuk membantu anda dalam memilih kendaraan.

1. Bawa teman ketika akan membeli mobil

Membawa teman yang mengerti mobil lebih baik dibandingkan yang hanya sekedar tahu. Dengan tambahan orang, anda bisa mendapatkan masukan yang lebih netral terhadap pilihan anda. Euforia membeli mobil baru bisa menjadikan anda “lapar mata” dan melupakan kekurangan yang dimiliki mobil yang anda inginkan.

Membawa teman bisa memberikan masukan netral

2. Putuskan apa yang menjadi kepentingan anda

Buatlah daftar tentang apa saja yang anda inginkan dan butuhkan untuk mobil yang akan anda beli. Bisa saja anda tidak terlalu mementingkan tenaga yang besar maupun kecepatan yang kencang karena anda menginginkan mobil yang hemat untuk dikendarai di daerah perkotaan setiap hari.

3. Lihat jenis dan range harga mobil

Untuk berjaga-jaga, pastikan anda melihat range harga mobil sebelum membelinya. Dengan melihat range harga, anda bisa memperkirakan biaya yang dibutuhkan untuk membeli, bahkan mungkin bisa menawar harga mobil tersebut.

Baca Juga:  Daftar Kredit Toyota Vios 2023 Semua Tipe, Cicilan Mulai dari Rp7 Juta

Perhatikan kenyamanan mobil ketika melewati jalan bergelombang

4. Rencanakan rute perjalanan

Pelajari lebih dulu kemana anda akan mengendarai mobil. Hal ini sangat penting apabila anda akan mengendarai mobil baru tersebut di jalan yang tidak anda kenal. Pastikan untuk mencobanya di berbagai macam keadaan, seperti lampu merah, jalan yang mulus maupun tidak, serta melewati polisi tidur untuk melihat bagaimana mobil anda bereaksi terhadap kondisi jalan yang berbeda-beda.

5. Take your time

Jangan terlalu terburu-buru sebelum mulai mengemudi. Perhatikan eksterior dan interior mobil terlebih dahulu. Tidak apa jika anda mencoba berbagai macam aksesoris dan feature yang diberikan oleh mobil anda. Pastikan tidak ada bagian yang tidak berfungsi. Jika perlu, tanyakan kepada dealer tentang masing-masing feature dari mobil tersebut.

Jangan lupa lihat dan periksa interior dan feature dalam mobil

6. Kendarai sebagaimana anda mengendarai mobil anda

Tidak perlu sungkan, cobalah untuk menambah kecepatan, berjalan lambat, memutar, menaik-turunkan gigi. Apakah mobil bisa memenuhi keinginan kecepatan anda? Apakah mobil bisa berganti gigi dengan mulus?

Baca Juga:  Apakah Anda Sudah Tahu? Ini Sanksi Bila Menyalahgunakan Mobil Plat Merah

7. Perhatikan rem

Cobalah untuk berhenti mendadak maupun berhenti dengan lembut. Apakah rem yang dipunyai oleh mobil sesuai dengan keinginan anda? Hal ini sangat penting ketika anda berkendara, jadi pastikan anda mencoba dan memeriksa kembali bagaimana keadaan mobil ketika berjalan dan ketika berhenti.

8. Cobalah untuk memarkirkan mobil

Coba untuk melakukan parkir parallel. Hal ini bisa membantu anda untuk mengetahui angle dan sisi yang tepat dalam memarkirkan mobil baru anda.

Cobalah parkir parallel untuk mengetahui angle parkir yang pas

9. Jangan terburu-buru memutuskan

Meskipun rata-rata waktu yang diperlukan untuk test drive sekita 30 menit tergantung rute yang anda tempuh, jangan terburu-buru segera memutuskan untuk membeli mobil. Pikirkan kembali apakah anda sudah puas dengan performa yang diberikan oleh mobil tersebut atau apakah mobil tersebut sudah sesuai dengan keinginan anda.

Ingat, melakukan test drive bukan berarti anda harus membeli mobil tersebut. Test drive dilakukan agar anda bisa memeriksa dan mempertimbangkan mobil yang sesuai dengan keinginan anda. Anda tidak ingin setelah membeli mobil dengan harga puluhan bahkan sampai ratusan juta, anda merasa menyesal membeli mobil tersebut, kan? Untuk itu, tetap berfikir jernih dalam membeli mobil dan pertimbangkan segala sesuatu sebelum anda menandatangani cek pembelian mobil.

Baca Juga:  Ini Dia Kriteria Memilih Mobil Keluarga Indonesia

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *