Motor  

Tips Naik Motor di Musim Hujan, Rem yang Benar Agar Selamat

tautekno.com – Musim hujan sudah melanda sebagian besar daerah di indonesia. Banyak banjir yang saat ini terjadi seperti di tulungagung, blitar, malang, jember dll. Kemarin ada berita di bogor ada mahasiswa tewas terjatuh di gorong-gorong saat jalanan banjir.

Bagi kamu yang mengendarai sepeda motor, alangkah baiknya tahu tips berkendara motor saat hujan tiba.

Gunakan jas hujan single

Menggunakan jas hujan model single dapat menjadi solusi dalam berkendara ketika saat hujan. Beberapa kasus kecelakaan terjadi karena penggunaan jas hujan tandem yang menyebabkan pengendara kesulitan melakukan manuver.

Walaupun belum ada data statistik yang bisa membuktikanya penggunaan jas hujan single memang terbukti tidak mempengaruhi gaya kita dalam mengendarai sepeda motor. Dengan begitu kita tetap bisa membawa sepeda motor dengan nyaman seperti saat tidak terjadi hujan.

Baca Juga:  Jelang Street Race Kemayoran 2023, Polda Metro Jaya: Peserta Tembus Seribu, dari Sembilan Provinsi di Indonesia

Perhatikan saat pengereman

Kondisi jalan ketika hujan tentunya lebih licin. Dengan demikian teknik pengereman yang benar sangat dibutuhkan saat berkendara di tengah hujan.

Hal yang harus Anda hindari saat hujan tiba berkaitan dengan teknik pengereman adalah jangan menekan rem secara mendadak karena akan menyebabkan selip pada ban karena kondisi jalan yang sangat licin. Anda bisa manfaatkan engine brake untuk membantu pengereman.

Menyalakan lampu

Peraturan sekarang memang mewajibkan bagi pengendara sepeda motor menyalakan lampu pada siang hari. Begitu juga pada saat hujan turun apalagi hujan lebat. Pada saat hujan turun keadaan langit cenderung mendung, jadi penggunaan lampu merupakan solusi agar Anda bisa terlihat jelas oleh pengendara kendaraan yang lain.

Baca Juga:  Ducati Lenovo Rilis Formasi Rider MotoGP dan WSBK 2023 Sekaligus, Dua Juara Dunia Bersama Tim Ini

Lebih baik berhenti

Jika dirasa hujan terlalu lebat ada baiknya jika Anda berhenti di pinggir jalan untuk berteduh. Selain untuk mengeringkan badan, hujan lebat juga bisa membatasi pandangan di jalan raya.

Waspadai genangan

Ketika hujan turun ada kemungkinan bahwa terjadi genangan di bagian jalan yang berlubang. Karenanya pengendara motor wajib waspada ketika bertemu genangan air dan menurunkan kecepatan, untuk menghindari benturan yang bisa memicu kecelakaan.

Demikianlah tips aman naik motor di musim hujan. Hati-hati di jalan ya lur!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website suara.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Bos Yamaha Kirim Pesan ke Ducati, Ingatkan Kejadian Valentino Rossi Di MotoGP Valencia 2006

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *