Tips Mudik: Tips Menghemat Bahan Bakar dari Toyota

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/06/09/Ay6TmsFs/a4-9103.jpg”>

Memilih mobil yang menawarkan ekonomi bahan bakar yang terbaik adalah cara cerdas untuk menghemat uang bensin Anda. Tapi, selain memilih kendaraan dengan perkiraan jarak tempuh EPA yang besar, ada beberapa tips menghemat bahan bakar yang bisa membantu Anda mengurangi biaya perjalanan, beberapa diantaranya adalah:

1. Berkendara dengan aman

Menurut FuelEcoomy.gov, sumber resmi pemerintah Amerika untuk informasi ekonomi bahan bakar, berkendara dengan agresif seperti ngebut atau berhenti mendadak adalah cara terbaik untuk membuang bahan bakar dengan sia-sia.

Terlebih ketika macet, selalu patuhi semua rambu jalan

Menurunkan kecepatan Anda sebesar 33% pada kecepatan jalan raya dan 5% di dalam kota bisa menghemat pemakaian bahan bakar kendaraan. Mengemudi dengan bijaksana tidak hanya meningkatkan ekonomi bahan bakar, tapi pastinya membantu menjaga Anda dan penumpang tetap aman selama perjalanan.

2. Jaga kendaraan Anda

Berikan perawatan berkala dengan teratur untuk menjaga mobil

Dengan melakukan perawatan dan jadwal maintenance kendaraan yang direkomendasikan, Anda dapat membantu memaksimalkan efisiensi bahan bakar. Sementara banyak model kendaraan memiliki variasi jangka waktu perawatan, interval servis yang paling utama adalah setiap 20.000 km dalam tiga tahun pertama, dan pada interval 40.000 km serta 60.000 km dan seterusnya. Periksa buku panduan mengemudi mobil Anda untuk memastikan jangka waktu perawatan kendaraan.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Persamaan dan Perbedaan Jeep Wrangler dan Jeep Gladiator

3. Periksa ban Anda

Cara paling mudah untuk meningkatkan ekonomi bahan bakar adalah dengan manjaga ban Anda. Gunakan alat pengukur tekanan secara teratur untuk memeriksa keempat ban kendaraan Anda. Informasi tekanan ban yang direkomendasikan biasanya terletak pada sisi pntu pengemudi. Jika tidak ada, periksa Buku Panduan Manual Anda.

Periksa tekanan ban yang pas untuk kendaraan

Salah satu tips penting untuk mendapatkan tekanan ban yang maksimal adalah dengan memberikan tekanan sedikit lebih rendah ketika cuaca panas, dan sedikit tekanan lebih tinggi dalam cuaca dingin. Ban dengan tekanan yang pas bisa membuat Anda di jalan, tidak hanya dalam efisiensi bahan bakar, tapi juga membuat sistem keselamatan berfungsi maksimal.

Baca Juga:  Mau Nyalip Truk, Hindari Titik Buta Dan Lakukan Dengan Cepat

4. Meringankan kendaraan

Mengisi penuh mobil hanya akan meningkatkan konsumsi bahan bakar

Untuk mudik, biasanya pengendara membawa begitu banyak barang bawaan ke kampung halaman. Tapi tahukah Anda, hal ini akan membuat mobil bekerja lebih berat dan tentu saja mempercepat pengeluaran bahan bakar. Untuk menghemat pengeluaran, jangan terlalu memaksakan ruang pada kendaraan dan perhatikan berkendara seringan mungkin. Bawalah barang yang dirasa perlu.

5. Persiapkan perjalanan

Memilih rute sebelum berangkat bisa menghindari Anda dari kemacetan

Jika Anda merencanakan perjalanan Anda terlebih dahulu, Anda bisa memeriksa rute yang akan ditempuh serta mempertimbangkan kemacetan atau kondisi jalan yang akan dilalui. Dengan pertimbangan tersebut, Anda bisa memperkirakan perjalanan lebih baik serta jarak tempuh bahan bakar yang lebih maksimal.

Untuk mudik kali ini, jangan lupa untuk selalu menaati peraturan di jalan. Mulai dari batas kecepatan maksimal, berkendara dengan defensif dan tidak ugal-ugalan, serta beristirahat ketika sudah merasa lelah. Selalu perhatikan tips menghemat bahan bakar di atas untuk memberikan pengendaraan ekonomis dan tanpa biaya berlebih.

Baca Juga:  Kredit Mobil, Enaknya Pilih Kredit Syariah Atau Konvensional?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *