Tips Merawat Mobil Untuk Pemula

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/08/19/20170819160855-6bd7.jpg”>

Artikel berikut akan memperkenalkan beberapa perawatan mobil di rumah yang sederhana, tapi masih efektif. Anda juga dapat memantau dan melakukannya segera.

1. Perawatan Aki Mobil

Membersihkan aki jika terlihat kotor

Ketika Anda merawat aki mobil, Anda harus perhatikan tiga hal berikut:

2. Perawatan Oli

Oli adalah salah satu faktor pendukung yang sangat penting bagi peforma mobil. Untuk melindungi kondisi mesin mobil agar selalu maksimal Anda harus rutin melakukan penggantian oli.

Penggantian oli perlu diperhatikan dan dilakukan secara berkala

Setiap jenis mobil memiliki ketentuan penggantian oli berbeda-beda, Anda dapat ikuti beberapa petunjuk berikut:

Oli tidak hanya mempengaruhi peforma mesin mobil Anda saja, namun juga bertindak sebagai penahan gesekan komponen-komponen di dalam mesin mobil Anda. Oleh karena itu, penggantian oli perlu diperhatikan dan dilakukan secara berkala. Selain itu, Anda juga tetap memilih oli yang sesuai dengan kebutuhan mesin mobil Anda. Jika Anda kurang memahaminya, Anda dapat berkonsultasi dengan mekanik bengkel-bengkel terdekat.

Baca Juga:  Cintamobil TV: 8 SUV dan MPV Bekas Terbaik Seharga Rp250 Juta hingga Rp300 juta

3. Merawat Radiator

Bisa mengganti air radiator setiap pemakaian 20.000 km

Radiator pada mobil merupakan sebuah bagian yang penting untuk mendukung kelancaran sistem kerja mesin mobil. Bagian ini benar – benar penting fungsinya yakni sebagai pendingin mesin mobil untuk mendapatkan temperatur yang sesuai yang dapat mendukung kerja mesin agar optimal. Agar radiator awet serta tetap bersih dan tidak mampet, maka diperlukan perawatan secara rutin. Anda bisa mengganti air radiator setiap pemakaian 20.000 km atau dengan cara mengganti air radiator jika air radiator sudah keruh. Untuk mengetahui apakah air radiator pada mobil Anda sudah keruh atau tidak dengan cara melihat melalui lubang di bagian atas radiator.

Baca Juga:  Merasa Lebih Hemat? Pahami Dulu Efek Buruk Mesin Pakai BBM Oktan Rendah

4. Merawat Ban

Ban mobil memang bisa disebut sebagai komponen yang memiliki masa habis pakai. Artinya, jika masa pakai sudah habis atau ban sudah gundul/rusak dan tidak layak digunakan, maka ban mobil harus diganti dengan yang baru.

Meski demikian, itu bukan berarti bahwa Anda tidak perlu merawat ban mobil. Dengan langkah yang benar benar, ban mobil, khususnya ban tubles bisa lebih awet dan tahan lama.

Lakukan Pengecekan Secara Berkala

Ban mobil dapat merusak jika jalan yang Anda lalui kurang baik

Selain bagian – bagian tersebut, Anda pun perlu memperhatikan perawatan bagian yang lain pada mobil, misalnya lampu – lampu, wiper, cat, kabin, kaca, jok dan lain – lain… Cintamobil akan berbagi masalah masalah ini untuk Anda dalam artikel berikutnya.

Baca Juga:  Hati-hati, Celana Anda Bisa Merusak Jok Kulit Mobil

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *