Tips Menghidupkan Mesin Mobil Ketika dalam Cuaca Dingin

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/03/12/Ay6TmsFs/c2-00b7.jpg”>

Untuk mengurangi masalah yang terjadi, Cintamobil memberikan tips dalam menghidupkan mesin mobil ketika cuaca dingin, beberapa diantaranya adalah

1. Matikan semua hal yang berhubungan dengan kelistrikan

Sistem listrik mobil yang hidup bisa mengganggu starter mobil

Semua aksesoris listrik standar Anda seperti lampu depan, pemanas dan radio menggunakan daya baterai, sehingga mematikan semua ini sebelum mencoba menghidupkan mobil akan memberi kesempatan baterai yang jauh lebih baik untuk menghidupkan mesin. Jika mesin Anda tidak menyala, biarkan beberapa saat sebelum Anda mengaktifkan kembali aksesori ini atau Anda berisiko merusak baterai.

2. Putar kunci untuk menghidupkan dan tahan hingga 10 detik.

Putar kunci mobil selama 10 detik

3. Biarkan aki mengembalikan tenaganya kembali jika mobil gagal menyala.

Jika mobil Anda tidak menyala setelah sepuluh atau dua puluh detik dinyalakan, berhenti dan tunggu beberapa menit sebelum menyalakannya kembali. Ini akan memberikan aki waktu untuk memulihkan tenaga kembali dan akan sedikit hangat. Utamanya, waktu ini akan memberi kesempatan motor starter untuk mendingin.

Baca Juga:  Kecelakaan Akibat Mengantuk Bisakah Klaim ke Pihak Asuransi?

Terus coba hidupkan mobil dan biarkan aki berkerja

Jika mobil hampir menyala tetapi seperti tidak cukup bertenaga, beri jeda waktu dan coba lagi. Jika aki tidak mengeluarkan tenaga untuk menyalakan mesin, berarti aki Anda sudah lemah dan Anda perlu men-jump aki Anda.

4. Baca buku panduan pengguna

Tak lupa, gunakan buku pengguna Anda

Hampir semua kendaraan saat ini memiliki petunjuk untuk menyalakan mesin pada saat dingin yang akan memandu Anda untuk menggunakan sedikit injakan gas untuk membantu menyalakan pada keadaan dingin. Lihat buku panduan pengguna kendaraan untuk informasi lebih lanjut.

5. Untuk mobil yang berusia lebih dari 1985, dengan mesin berkarburator, injak pedal gas secara perlahan dalam keadaan terparkir

Injak pedal pada mobil tua

Baca Juga:  Kelebihan Dan Kekurangan Honda City 2016

Tekan pedal gas sesekali dan lepaskan. Ini akan memberikan sedikit asupan bensin pada saluran pembakaran, yang akan membantu untuk menjalankannya. Perhatikan bahwa tidak perlu melakukan hal ini pada mesin yang menggunakan injeksi. Jika kendaraan Anda lebih baru dari tahun 1990, kendaraan itu menggunakan injeksi bensin elektrik.

6. Jika mobil tidak berhasil menyala, maka langkah terakhir adalah menjumper aki

Lakukan jumper aki jika mobil tidak kunjung hidup

Berikut cara lain yang bisa Anda gunakan untuk menghidupkan mobil dalam cuaca dingin

Demikian beberapa tips yang bisa Anda aplikasikan untuk menghidupkan mesin mobil dalam cuaca dingin. Untuk dapat menjaganya agar tetap prima dan mudah dihidupkan lakukanlah persiapan untuk menghadapi musim dingin.

Baca Juga:  Tips Mengemudi Jarak Jauh Sendirian

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *