Tips Menghemat Pemakaian Bahan Bakar Dan Mencegah Emisi Berlebih

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/04/XlYbOKmo/a-fcbb.jpg”>

Teman tidak perlu khawatir, karena Cintamobil akan memberikan tips untuk mengemat pemakaian bahan bakar mobil. Beberapa diantaranya adalah.

1. Hindari mengemudi dengan agresif

Mengemudi dengan ugal-ugalan, yaitu sering melakukan percepatan dan mengerem membuat mesin membutuhkan banyak tenaga. Memacu kendaraan dengan cepat dan mengerem dengan keras dapat meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 40%.

Berkendara dengan tenang akan menghemat penggunaan bahan bakar

Memacu kecepatan tetapi tidak berkendara dengan stabil hanya mengurangi jarak tempuh sebanyak 4%, sedangkan membuat pengeluaran emisi beracun lima kali lebih tinggi. Cara yang tepat adalah melakukan akselerasi dengan perlahan dan lancar, kemudian menaikkan gigi secepat mungkin.

2. Mengemudi di bawah batas kecepatan

Mengemudi lebih kencang memang membuat teman bisa sampai tempat tujuan lebih cepat. Tapi, perbandingan bahan bakar yang dipakai lebih banyak terkurang dibandingkan mengemudi dengan perlahan dan stabil.

Mengemudi dengan tenang dan stabil

Meningkatkan kecepatan di jalan raya dari 90 km/jam menjadi 120 km/jam dan meningkatkan konsumsi bahan bakar sebanyak 20%. Teman bisa menghemat pemakaian bahan bakar sebanyak 10-15% dengan berkendara 90 km/jam dibandingkan 104 km/jam.

Baca Juga:  Ini Dia 5 Pilihan Mobil untuk Ibu Rumah Tangga

3. Perhatikan tekanan udara pada ban

Pastikan tekanan ban benar-benar pas untuk menghemat pemakaian bahan bakar. Ban yang sedikit kempes bisa mengakibatkan konsumsi bahan bakar meningkat sebanyak 6%. Jika bisa, gunakan pemeriksa tekanan ban untuk hasil yang konsisten.

Selalu cek tekanan ban sebelum bepergian

Periksa tekanan ban sebelum bepergian dan cek di bengkel setidaknya sebulan sekali, ketika ban dalam keadaan dingin (saat mobil belum dihidupkan dalam tiga jam atau hanya melakukan perjalanan kurang dari 2 km). Perhatikan manual yang ada pada ban untuk mengukur tekanan udara yang pas untuk ban.

4. Gunakan pendingin udara sehemat-hematnya

Apalagi bagi mobil tua, penggunaan pendingin udara sangat mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Menggunakan pendingin udara pada siang hari yang panas dapat meningkatkan konsumi bahan bakar sebanyak 10% dalam jalanan kota.

Gunakan AC dengan hemat

Jika cukup dingin, gunakan ventilasi mobil, bukan AC teman. Pada kecepatan rendah, buka jendela dan matikan AC bisa menghemat pemakaian bahan bakar dengan signifikan. Pada kecepatan tinggi, menutup jendela dan menghidupkan AC akan lebih efisien. Jendela yang terbuka akan menghambat laju mobil sehingga membuat mesin bekerja lebih keras.

Baca Juga:  Suka Sedan Sport Tapi Ingin Harga Murah? Intip Nih Harga Mitsubishi Lancer Evo 8 Bekas

5. Pilih bahan bakar dengan oktan yang tepat

Bahan bakar beroktan tinggi belum tentu pas dengan mobil teman. Bahkan, harga bahan bakar yang tinggi tidak bisa menjamin kinerja yang lebih baik untuk mobil teman.

Pemilihan bahan bakar juga menentukan hemat dalam berkendara

Sebenarnya, bahan bakar dengan kadar oktan yang tinggi tidak memberikan efisiensi bahan bakar yang besar. Banyak mobil dirancang untuk menggunakan bahan bakar dengan oktan biasa. Periksa manual mobil untuk menentukan bahan bakar yang tepat untuk mobil teman.

6. Lakukan perawatan dengan teratur

Perawatan yang teratur merupakan kunci untuk menghemat pemakaian bahan bakar. Oli yang sudah kotor dan mesin yang sudah bekerja lama dapat menggunakan bahan bakar 50% lebih banyak.

Selalu periksa mobil secara berjangka

Selain itu, mesin yang sudah tua serta komponen-komponen mobil yang tidak pernah dirawat bahkan bisa menghasilkan emisi hingga 50% lebih banyak dibandingkan mobil yang selalu terawatt dengan baik. Untuk itu, jangan lupa untuk selalu memperhatikan perawatan mobil serta komponen-komponen yang ada di dalamnya.

Baca Juga:  Memilih Warna Mobil Baru? Penelitian: Warna Mobil Mempengaruhi Keselamatan Anda

Menghemat pemakaian bahan bakar sebenarnya bisa dilakukan oleh kendaraan apapun. Meskipun sebuah kendaraan mempunyai label “hemat energi”, penggunaan dan pemakaian yang salah bisa membuat mobil tersebut tak ubahnya mobil biasanya yang menghabiskan bahan bakar yang banyak.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *