Tips Mengendarai Mobil di Jalan Tanjakan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2020/11/24/NaRYWXKq/1126-2-ecbf.png”>

Setiap orang yang mengemudi pasti harus menguasai kemampuan untuk berkendara di jalanan menanjak. Mengendarai mobil di jalan menanjak membutuhkan kemampuan dalam mengatur tarikan gas dan rem. Terlebih jika teman menggunakan mobil manual. Teman harus bisa mengatur pergantian gigi sehingga mobil tidak kehilangan kekuatan dan mundur ke belakang.

Berkendara dalam tanjakan membutuhkan kemampuan mengemudi yang baik

Ada beberapa tips untuk mengendarai mobil di jalan menanjak yang bisa diterapkan.

Yang pertama adalah selalu menggunakan gigi rendah dalam menanjak. Biasanya, gunakan gigi satu atau dua tergantung dengan tingkat kecuraman tanjakannya. Selain itu, pastikan untuk selalu menjaga rpm secara konstan pada mobil antara 1000-1500 diatas rpm biasa. Pastikan selalu mobil teman tidak berjalan dengan rpm lebih dari ini. Karena akan mengakibatkan kemungkinan mesin menjadi terlalu panas.

Setelah itu, pastikan throttle selalu stabil, serta berada dalam batas kecepatan aman pada tikungan. Jika teman memiliki mobil front wheel drive, maka teman perlu untuk melepaskan gas ketika menaiki tanjakan. Hal ini dikarenakan ada banyak beban pada poros belakang yang akan mengurangi daya tarik pada roda depan dan juga respons terhadap kemudi. Hal ini akan membantu mengurangi tekanan pada ban depan.

Baca Juga:  Hati-hati Tertipu, Ini 7 Ciri Mobil Bekas Layak Beli

Pastikan menggunakan gigi rendah dalam menanjak

Selain itu, dalam mengemudi di daerah tanjakan, pastikan untuk selalu mempertahankan gigi anda, bahkan bisa saja tetap pada gigi satu atau dua. Hal ini tergantung pada tingkat kemiringan jalanan, bobot mobil serta penumpang di dalamnya, dan juga mesin mobil teman. Ketika turun, pastikan untuk selalu memperhatikan percepatan mobil dan gunakan rem dengan baik untuk mengurangi resiko mobil menjadi lepas kendali.

Penggunaan rem tangan sangat penting ketika teman sedang berada dalam tanjakan maupun turunan. Terlebih dalam turunan, teman harus memperhatikan kecepatan mobil sebelum menikung. Kecepatan mobil yang tidak terkontrol dalam menikung, apalagi tikungan dengan turunan, akan membahayakan mobil teman dan pengemudi lain.

Baca Juga:  Masih Pakai Aki Basah? Jangan Lupa Isi Air Aki Ya!

Berhati-hati dalam menikung di tanjakan

Terlebih, kecepatan yang berlebih dalam menikung akan memberikan bebas ekstra pada as roda depan kendaraan teman. Ketika tidak terkendali, hal ini akan membuat mobil teman lepas kendali bahkan sampai terguling. Melakukan pengereman berlebih juga akan menambah beban pada roda depan dan meningkatkan kemunggkinan over steer atau skid.

Ketika menekan rem untuk berhenti, jangan menekan dengan kuat seperti meneka tombol panik untuk berhenti. Menekan rem dengan keras untuk waktu yang lama akan membuat rem teman menjadi over heat, cairan rem dan pad akan cepat rusak. Bahkan, menekan rem secara berlebihan akan meningkatkan resiko slip dan kegagalan rem. Serta, jangan langsung menarik rem tangan ketika berhenti karena bantalan rem bisa menjadi panas dan memberikan efek pengelasan pada rotor.

Mengendarai mobil di jalan tanjakan dan turunan membutukan konsentrasi dan kemampuan mengganti gigi (untuk mobil manual) untuk memberikan kenyamanan dalam perjalanan anda. Ketika menghadapi tanjakan, usahakan untuk selalu fokus dan gunakan rem tangan sebaik-baiknya.

Baca Juga:  Bukan Cuma Fitur Standar, Sabuk Pengaman Juga Ada Teknologinya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *