Tips Memilih Minyak Rem Sesuai Kebutuhan Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/06/09/20170609103630-b2b1.jpg”>

Saat ini muncul beragam minyak rem yang dijual di pasaran. Mulai dari merek sampai spesifikasi sangat bervariasi. Hal ini bisa menjadi kelebihan karena konsumen mempunyai banyak opsi tetapi bisa juga menjadi blunder bila pemilik mobil tidak memberi minyak rem yang sesuai mobilnya. Inilah beberapa hal yang harus Anda memperhatikan ketika memilih minyak rem.

Baca buku manual untuk memilih minyak rem sesuai

1. Baca Buku Manual

Mungkin Anda bingung minyak rem apa yang cocok untuk mobil Anda. Setiap mobil mempunyai spesifikasi yang berbeda-beda sehingga minyak rem yang digunakan pun berbeda. Agar tidak bingung dalam memilih minyak rem, bacalah buku manual yang Anda dapatkan ketika membeli mobil. Pada penjelasan bagian teknis akan ditemukan minyak rem yang direkomendasikan dari pabrik untuk mobil Anda. Perlu diingat bahwa penggantian minyak rem tidak terlalu sering, pada umumnya diganti setiap 2 tahun sekali atau 40.000 km.

Baca Juga:  Entry Level Miliaran, Berapa Harga Ferrari Portofino yang Memukau?

Spesifikasi minyak rem

2. Pahami Spesifikasi Minyak Rem

3. Kode Standar Internasional

Minyak rem sudah menggunakan kode standar yakni DOT (Department of Transportation). Biasanya ada angka seperti DOT 3, DOT 4, dan DOT 5. Semakin tinggi angkanya maka semakin tinggi kemampuannya dalam menghadapi suhu kerja yang ekstrim. Khususnya DOT5 kerap digunakan dalam ajang kompetisi.

Akan tetapi resikonya, semakin tinggi performanya semakin tinggi kemampuan minyak rem dalam menangkap air, alias bersifat higroskopis. Sebagai informasi, minyak rem DOT 3 memiliki titik didih maksimal 205 derajat celcius. Sementara DOT 4 titik didihnya bisa mencapai 230 derajat celcius dan biasanya digunakan untuk mobil-mobil premium. Sedangkan DOT 5, bisa mencapai 270 derajat celcius.

Baca Juga:  Apa sih Manfaat GPS Untuk Mobil?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *