Tips Membersihkan Mobil Untuk Mobil Awet Dan Tahan Lama

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/20/XlYbOKmo/c-decf.jpg”>

1. Dinginkan mobil terlebih dahulu

Hal pertama kali yang harus dilakukan adalah mendinginkan mobil anda terlebih dahulu. Membersihkan mobil ketika baru saja dipakai akan membuat mobil anda keropos. Hal ini terjadi ketika mobil yang hangat akan lebih mudah rusak ketika langsung didinginkan dengan air. Selain itu, menyuci mobil dengan air dingin juga bisa membuat kotoran menjadi lebih mudah dibersihkan nantinya.

Semprot mobil dengan air

Jika teman memiliki penyemprot air di rumah, saatnya untuk mengeluarkan dan membersihkan mobil teman. Jangan lupa untuk membersihkan bagian bawah mobil serta bagian-bagian yang bisa dibersihkan dengan alat penyemprot. Karena itu, mesin penyemprot maupun hanya selang air sangat dibutuhkan dalam memperlancar kegiatan bersih-membersihkan teman.

2. Bersihkan roda, velg serta komponen yang bisa dibersihkan

Bersihkan velg dan komponen lain

Bersihkan roda, velg dan komponen yang bisa dibersihkan dengan air maupun digosok dengan lap. Sebaiknya gunakan sikat yang lembut sehingga bisa membersihkan kotoran dan kerak yang menempel komponen-komponen mobil. Gunakan sikat tersebut untuk masuk ke sudut-sudut yang bisa dijangkau tangan. Membersihkan kotoran dan kerak bisa mencegah mobil mengeropos untuk waktu yang lama.

Baca Juga:  Melindungi Cat Mobil Baru: 6 Cara Menjaga Cat Mobil Tetap Bersinar

3. Cuci mobil dengan busa

Membersihkan mobil dengan busa bisa membersihkan kerak-keran yang telah kita gosok dengan sikat. Busa akan memberikan efek yang lebih baik dibandingkan hanya disemprot dengan air.

Gunakan busa untuk membersihkan kotoran yang membandel

Bersihkan mobil mulai dari bagian atas sampai bagian bawah. Jika teman menggunakan spons, jaga agar spons selalu basah, serta bilas mobil dengan air dingin dari selang anda terus-menerus dari slang anda saat anda selesai mencuci dengan busa.

4. Bersihkan kaca dan interior dalam mobil

Bersihkan kaca – bagian dalam dan luar – baik dengan semprotan maupun dengan krim. Semprotan cair lebih mudah dipakai tetapi tidak seefektif dalam mebersihkan kotoran berat selain krim.

Jaga selalu kebersihan kaca dan interior mobil

Baca Juga:  Penyebab Berbagai Masalah Saat Mengemudi Versi IDDC

Selain kaca, jangan lupa bersihkan interior dalam mobil. Jok mobil, bagian lantai, serta dashboard mobil merupakan bagian-bagian yang harus teman perhatikan dalam membersihkan interior. Jangan biarkan debu maupun kotoran menempel dalam mobil teman. Tips untuk membersihkan jok kulit bisa teman lihat dari postingan CintaMobil sebelumnya.

5. Keringkan mobil

Setelah mencuci dan membersihkan mobil dengan air, keringkan mobil teman. Lakukan hal ini jika teman tidak ingin ada noda dan goresan yang tertinggal setelah teman mencuci mobil. Gunakan kain chamois untuk memberikan pengeringan yang maksimal.

Keringkan mobil untuk hasil yang maksimal

Jika teman sedang terburu-buru dan tidak sempat mengeringkan mobil dengan kain lap charmois, cobalah untuk menyiram ember dengan air bersih dan cobalah mengendarainya. Angin yang berhembus akan mengeringkan mobil serta memperkecil noda dan goresan yang terbentuk.

Membersihkan mobil bisa dibilang gampang-gampang-susah. Untuk itu, sediakan waktu anda untuk membersihkan mobil. Jika tidak, gunakan layanan pembersih mobil, tetapi tetap berikan saran dan petunjuk tentang bagian-bagian yang harus dibersihan. Yang paling penting, selain melakukan perawatan mesin, jangan lupa untuk selalu membersihkan mobil secara berkala, ya guys!

Baca Juga:  Jangan Khawatir Atau Panik, Berikut Tips Menderek Mobil Mogok Yang Aman

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *