Tips Membersihkan Mobil Agar Terlihat Bagus dan Terawat

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/26/XlYbOKmo/b-a1ad.jpg”>

Untuk bisa membersihkan mobil agar terlihat bagus, ada beberapa saran yang bisa diaplikasikan dalam membersihkan mobil. Ada tiga poin penting yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Mulailah dari bagian dalam ke luar

Selalu bersihkan kabin penumpang sebelum mencuci bagian luarnya untuk menghindari debu dan kotoran menempel pada bagian bodi mobil. Dengan mencuci dari dalam ke luar, teman akan terhindar dari mencuci dua kali. Mulai dari menyedot debu dan karpet, terutama setelah cuaca buruk yang membuat karpet menjadi kotor karena tapak sepatu.

Perhatikan bagian dalam mobil terlebih dahulu

Untuk membersihkan kursi dari kain, sedot debu pada pelapis jok, dan bersihkan dengan shampo jika perlu. Menyedot debu yang ada pada kain akan mencegah kotoran-kotoran merusak bahan kain. Untuk jok kulit, oleskan krim untuk kulik dengan handuk bersih berbahan terrycloth.

Bersihkan pelapis vynil dengan produk spray yang dirancang untuk permukan karet dan plastic. Produk ini juga bisa digunakan untuk membersihkan dashboard dan trim. Selain mengembalikan kesegaran, spray ini akan mencegah permukaan menjadi kering, pudar atau retak.

Baca Juga:  Opsi Murah Dongkrak Tampilan Mobil, Berikut Cara Memilih Pelek Bekas

2. Cuci dan (beri wax) dengan lembut

Setelahmenyelesaikan bagian interior, tutup jedela dan mulai cuci bagian luar. Ingat untuk selalu mencuci mobil atau truk di tempat yang teduh dan hindarkan dari sinar matahari langsung. Sinar matahari sangat buruk jika teman ingin menambahkan wax setelah mencuci mobil. Periksa bodywork secara teratur dan perbaiki goresan atau noda yang menempel sesegera mungkin untuk menghindari karat.

Bersihkan dengan lembut agar tidak tergores ketika mencuci

Pastikan untuk mengunakan lap yang lembut, gunakan bahan yang terbuat dari terrycloth atau flannel saat mencuci atau me-waxing kendaraan. Nilon atau handuk sintetis atau produk yang terbuat dari kertas tidak menyerap air dan bisa menggores permukaan mobil.

Semprotkan mobil dan mulai bersihkan dengan shampo mobil dari bagian atas ke bawah. Untuk roda dan ban bisa menggunakan sikat bulu dan produk pembersih roda jika perlu untuk menghilangkan kotoran, minyak dan bubuk pada cakram.

Bilas sabunnya dan sekali lagi semprot dari atas ke bawah. Pastikan untuk menyemprot bagian bawah mobil untuk melonggarkan kotoran yang didapatkan dari jalanan. Jika ingin memberikan wax, pastikan mobil sudah kering dan oleskan was pada kain lembab.

Baca Juga:  Ini Alasannya, Mengapa “Lampu Merah” Menggunakan Warna Hijau, Kuning dan Merah

3. Perhatikan detil terkecil

Terakhir, perhatikan bagian-bagian detail yang mungkin terlewat ketika sudah mencuci mobil. Misalnya ban yang belum bersih, karet eksterior atau trim plastik dengan pelindung plastik/karet tersebut.

Jangan lupa bersihkan bagian bawah dan bagian lain yang dirasa perlu

Teman juga bisa menggunakan produk pengkilat ban agar tampilan ban menjadi lebih berkilau, menambah kesan basah dan melindungi senyawa karet dari pudar dan retak. Gunakan perawatan krom untuk memoles trim eksterior (tapi pastikan permukaan yang sebenarnya merupakan logam, bukan plastik yang dicat).

Jika mobil sudah berumur beberapa tahun, saatnya memilah atau memperhatikan lampu mobil. Bersihkan lampu yang sudah mulai menguning sehingga bisa kembali transparan dan tidak mengganggu kenyamanan berkendara di malam hari.

Membersihkan mobil agar terlihat bagus merupakan tanggung jawab kita sebagai pemilik mobil. Dengan kebersihan yang terjadi, bisa dipastikan mobil akan bertahan lebih lama karena komponen mobil terhindar dari kerusakan jangka panjang akibat pemakaian harian.

Baca Juga:  Tak Semua Mulus, Berikut Tips Aman Melewati Lubang Jalan Saat Mengemudi

Untuk lebih paham, silahkan lihat video tentang membersihkan mobil dari Mighty Car Mods berikut ini.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *