Tips Memasang Child Seat Di Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/06/21/20170621102242-44ed.jpg”>

Perlukah perangkat tambahan untuk memberi perlindungan bagi anak Anda? Jawaban pastilah ya, harus namun ternyata konstruksi tempat duduk dan seat belt di mobil dirancang bukan untuk anak-anak.

Oleh karena itu, masyarakat kini sudah banyak menggunakan child seat. Namun tahukah Anda cara memasang yang benar? Dengan tujuan proses mengemudi Anda tetap nyaman, dan anak pun aman terjaga di dalam mobil, inilah tips memasang child seat di mobil yang cintamobil.com ingin memperkenalkan.

Pahami anak dan mobil

1. Pahami Anak dan Mobil

Selain tahu berat badan dan besar tubuh anak, Anda juga harus tahu kondisi mobil Anda. Anda harus tahu letak-letak airbag juga posisi kait ISOFIX di mobil. Jika Anda ingin menggunakan kursi tambahan bagi bayi di jok penumpang depan posisikan menghadap belakang. Lalu pastikan non aktifkan airbag penumpang depan terlebih dahu­lu. Jika tidak ada kon­trol untuk memati­kannya maka ja­ngan letakkan kursi tambahan di jok itu.

Baca Juga:  Zodiak Menentukan Cara Berkendara Anda

Kenali cara kerja child seat

2. Kenali Cara Kerja Child Seat

Setiap child seat memiliki spesifikasi serta cara pemasangan yang berbeda. Jadi Anda harus meluangkan beberapa waktu untuk mempelajari perangkat ini melalui buku panduannya. Jika Anda membeli kursi tambahan dalam kondisi bekas, Anda bisa mencari informasi mengenai kursi tersebut di internet atau meminta penjual memberikan informasi selengkapnya. Pastikan juga fitur-fitur di kursi tambahan masih bekerja dengan baik.

Memasang child seat dengan benar

3. Pasang Dengan Benar

Perhatikan juga posisi pemasangan yang direkomendasikan produk sesuai kondisi anak. Misalkan untuk bayi di Grup 1, posisi kursi tambahan harus rebah serta menghadap belakang. Posisi yang terbaik untuk meletakkan kursi tambahan di bangku baris kedua tepatnya di belakang penumpang depan. Hal ini lantaran mayoritas mobil yang beredar di Indonesia belum memiliki fitur untuk mematikan airbag penumpang depan.

Tidak hanya itu, kursi tambahan pun hanya bisa dipasangkan pada kursi mobil dengan seatbelt 3 titik. Sekarang sudah banyak bangku baris kedua yang dilengkapi dengan seatbelt 3 titik hanya pada sisi dekat pintu.

Baca Juga:  Periksa Bagian Ini Jika Tiba-tiba AC Toyota Fortuner Panas

Anak harus duduk senyaman mungkin

4. Dudukkan Anak Senyaman Mungkin

Setelah kursi tambahan terpasang dengan baik, pastikan kursi tambahan ini tidak bisa goyang dengan mengencangkan sabuk-sabuk yang mengikat kursi tambahan tersebut.

Setelah kursi terpasang dengan baik, Anda baru bisa menempatkan anak Anda dalam kursi tersebut. Pasti­kan berat badan anak Anda sesuai de­ngan rekomendasi kursi tambahan. Pasangkan seat belt individual dari jok tambahan hingga menempel di tubuh anak.

Pastikan child lock sudah terkunci

5. Pastikan Child Lock Terkunci

Setelah anak berada dalam posisi yang aman di kursi tambahan, Anda harus pastikan pengaman child lock sudah terpasang sebelum menutup pintu. Hal ini untuk menghindari terbukanya pintu ketika anak tanpa sengaja memainkan tuas pembuka pintu.

Pastikan tingkat visibilitas Anda

6. Tingkatkan Visibilitas

Setelah anak berada dalam posisi aman dan Anda siap berjalan, Anda harus pastikan sekali lagi bahwa anak tetap dalam pandangan. Selain pandangan pada anak Anda juga perlu memperhatikan pandangan ke jalan.

Baca Juga:  Biar Mudah Dikenali, Kemenhub Usul Pelat Nomor Kendaraan Listrik Dibikin Beda

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *