Tips dan Trik Mengganti Lampu Depan Mobil di Rumah

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/05/Ay6TmsFs/a-2566.jpg”>

Alat-alat yang dibutuhkan adalah:

Lampu depan mobil merupakan standar keamanan berkendara

Langkah 1: Cari tempat lampu depan

Membuka bola lampu depan tidak dibuka dari bagian depan mobil, tapi dari bagian dalam. Buka kompartemen mesin dan temukan bohlam depan di dekat bagian depan mobil. Anda akan menemukan pemegang bola lampu dengan konektor power. Konektor power pada mobil biasanya mempunyai tiga kabel yang mengarah pada bola lampu.

Langkah 2: Lepaskan kabel daya

Kabel power terpasang pada steker di bagian bawah lampu depan, dan terikat pada tangkai plastic, klip logam, atau tutup sekrup. Pegangan ini tergantung pada kendaraan yang anda miliki. Pemegang plastik mempunyai tuas kecil pada bagian atas. Dorong sedikit sambil anda menarik keluar bagian tuas tersebut.

Baca Juga:  Mengapa Ground Clearance Mobil Sport Rendah?

Lepaskan kabel daya yang mengikat pegangan lampu

Jika mobil anda mempunyai pemegang logam, tarik dan lepaskan. Pastika anda memegang pegangan tersebut saat anda menariknya. Jika mobil anda memasang tutup sekrup, anda dapat melepasnya dengan memutarnya berlawanan jarum jam.

Langkah 3: Lepaskan bohlam yang lama

Begitu kabel dan pemegangnya telah terputus, anda bisa melepaskan bagian belakang tempat lampu depan dan melepaskan bohlam yang akan diganti dengan memegang alasnya. Dalam beberapa kasus, anda mungkin harus memutar bohlam sedikit untuk bisa membuka bohlam dari pegangannya.

Langkah 4: Bersihkan dan pasang bohlam baru

Bersihkan lampu baru dengan tisu dan sarung tangan. Hindari memegang lampu dengan tangan, karena tangan bisa terindikasi memiliki minyak. Minyak yang ada pada lampu bisa membuat lampu tidak begitu jernih jika dipakai. Sebaiknya, anda membersihkan bola lampu dengan alkohol sebelum memasangnya.

Baca Juga:  Tips Menghidupkan Mesin Mobil Ketika dalam Cuaca Dingin

Penjepit metal yang menjadi alas bola lampu

Setelah bohlam bersih, masukan ke dasar steker. Jika dipasang dengan benar, tidak ada karet lampu yang terlihat. Ketika lampu sudah terpasang, anda bisa memasang pemegang kembali ke tempatnya dan memasang kabel power kembali. Pastikan untuk mengetes kembali dengan menghidupkan bola lampu mobil anda.

Mengganti bola lampu mobil tidaklah sesulit yang anda kira, namun dibutuhkan ketelitian dan kesabaran dan menggantinya. Dengan memperhatikan langkah-langkah dari Cintamobil di atas, anda tidak perlu lagi pergi ke bengkel untuk memasang bohlam baru.

Untuk lebih jelasnya, anda bisa melihat apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan ketika mengganti bola lampu mobil.

Baca Juga:  Langkah-Langkah Sederhana Membeli Mobil Bekas

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *