Tips dan Cara Mengatur Lampu Depan Mobil dengan Benar

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/06/Ay6TmsFs/10008406a-73a3.jpg”>

Bagian lampu depan mobil tidak selalu pas dengan jalanan, apalagi jika ada bagian yang berubah dari posisi kendaraan anda. Dalam beberapa kasus, lampu depan harus disesuaikan kembali. Karena rakitan lampu depan bisa terpengaruh dari berat penumpang atau berat beban yang ditanggung oleh mobil. Cintamobil merangkum beberapa tips dan cara yang benar untuk pengaturan lampu depan mobil.

1. Arah lampu mobil

Arah lampu mobil sangat penting. Periksa arah lampu ketika pengemudi berada di dalam mobil dan minyak terisi dengan penuh. Garis rendah bagi arah lampu (a) sebaiknya berada dibawah bagian lensa (b) untuk menjaga pengendara lain sari silau lampu depan anda. Arah ini juga melindungi pengendara lain dari pantulan cahaya yang tarjadi ketika hujan atau jalanan bersalju.

Arah lampu mobil yang dianjurkan

Untuk mengetes arah lampu ini, ada bisa mengaturkan di rumah atau di dalam garasi dengan menghadap dinding berwarna putih atau abu-abu. Tempatkan sekitar 25 kaki atau sekitar 7.5 meter dari dinding. Periksa tekanan ban yang pas agar arah lampu bisa menyesuaikan dengan tinggi mobil. Dan jangan lupakan lantai yang datar agar arah lampu bisa diatur dengan jelas.

Baca Juga:  Kenali Ciri-Ciri Keaslian STNK Dengan Mata

2. Pengaturan lampu depan mobil

Untuk pengaturan lampu depan mobil, kenali pusat arah lampu dengan menghidupkan lampu anda. Beberapa lampu mempunyai bulatan yang menegaskan bagian tengah lampu mobil anda. Perhatikan bagaimana lampu menyentuh tanah. Untuk pengaturan yang lebih baik, dekatkan mobil ke dinding garasi atau rumah, anda akan bisa melihat bagian tengah lampu mobil lebih tepat.

Gunakan selotip agar anda bisa melihat arah lampu dengan jelas

Semua mobil ‘mainstream’ mempunyai pengatur lampu depan yang berada di balik kap mobil. Anda bisa mencari pengatur tersebut sehingga bisa mengarahkan kemana lampu mobil akan ditembakkan. Biasanya, pengatur lampu mobil berada dibelakang baterai, reservoir pendingin bahkan actuator rem anti-lock.

Baca Juga:  Tips Efisien dan Aman Berkendara Ketika Macet

3. Mengatur lampu depan

Setelah anda mendapatkan pengatur lampu depan, pastikan penumpang duduk di dalam mobil. Atur arah lampu. Ketika lampu sudah lama dihidupkan, bagian lampu akan menjadi panas. Karena itu, lindungi tangan anda dengan kain atau pakai sarung tangan.

Atur lampu depan dengan tangan atau menggunakan bantuan benda lain

Lihatlah pola lampu di dinding, lalu arahkan sesuai dengan jarak pandang pengemudi. Untuk lebih presisi, anda bisa duduk di kursi pengemudi dan meminta keluarga atau teman mengaturnya untuk anda. Jika anda sendirian, akan terlalu susah untuk berpindah-pindah dari kursi pengemudi keluar hanya untuk mengatur lampu tersebut.

Perhatikan video dibawah untuk cara mengatur dan memposisikan lampu depan mobil

Setelah mengatur lampu depan mobil, ada baiknya anda mencoba berjalan ketika malam untuk mengetes keakuratan lampu mobil. Pastikan lampu mobil dengan pas membantu pandangan anda ke jalan. Jika lampu masih belum cukup membantu, coba atur kembali atau itu merupakan tanda bagi anda untuk membeli lampu baru yang lebih terang.

Baca Juga:  Buat New Peugeot 3008 Anda Semakin Stylish Dengan Deretan Aksesoris Ini

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *