Tips dalam Memilih dan Melihat Spesifikasi Ban

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/05/XlYbOKmo/g-01b5.png”>

Untuk itu, Cintamobil akan menjelaskan arti dari angka-angka dan huruf yang terletak pada bagian samping ban.

1. Tipe Ban

Untuk awalnya, ada ban yang memiliki huruf P atau tidak dalam deretan angka pertamanya. Huruf “P” dari awal deretan angka pada ban menjelaskan tentang “Ukuran Ban” dan mengindikasikan bahwa ban tersebut adalah ban P-Metrik. Ban ini mengacu pada ban yang dibuat sesuai standar tertentu di Amerika Serikat, yang ditujukan untuk Kendaraan Penumpang.

Tipe ban menunjukkan jenis dan rancangan ban

Jika ukuran ban tidak memiliki huruf awal, berart ban tersebut merupakan Ban Metrik Euro atau Eropa. Ban P-Metrik dan Euro-Metrik kemungkinan besar memiliki kapasitas beban yang berbeda.

Huruf “LT” di awal maupun di ujung ban menunjukkan ban dirancang untuk “Light Truck” (Truk Ringan”). Produsen kendaraan melengkapai beberapa truk ringan dengan ban jenis “LT” ini. Ban ini umumnya membutuhkan tekanan inflasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kendaraan penumpang.

2. Lebar Ban

Lebar Ban ditentukan dalam millimeter dari dinding samping ban ke dinding samping lainnya. Ukurannya ditentukan oleh tiga digit angka pertama pada deretan angka tersebut. Misalnya pada ban ukuran P215 / 65 R 15, berarti ban tersebut memiliki lebar 215 milimeter atau 21.5 cm.

Baca Juga:  Angkut Mobil Ceper Pakai Towing Hidrolik Lebih Mudah dan Aman

3. Aspek Rasio

Dua digit angka setelah garis miring merupakan aspek rasio dalam ban. Misalnya pada ban berukuran P215/ 65 R 15, angka 65 berarti tinngi ban sama dengan 65% dari lebar ban. Semakin tinggu aspek rasio, makan semakin besar sisi ban yang ada.

4. Konstruksi

Huruf “R” pada deretan angka berarti Radial, yaitu berarti lapisan-lapisan itu melintang secara radial melintasi ban.

5. Diameter Roda

Diameter roda merupakan ukuran roda yang diukur dari satu ujung ke ujung yang lain. Ban dengan ukuran P215/ 65 R15 dibuat untuk roda dengan diameter 15 inci, atau 38 cm.

6. Indeks Beban

Indeks beban menunjukkan beban maksimum yang dapat didukung ban saat melaju. Anda bisa menemukan beban maksimum pada dinding samping ban, baik dalam pound maupun kilogram.

7. Rating kecepatan

Angka ini memberitahukan anda tentang kecepatan maksimum yang bisa ditempuh ban. Seringkali rating kecepatan disesuaikan dengan kemampuan tertinggi kendaraan. Misalnya, ban dengan rating H-speed memiliki kemampuan kecepatan 130mph atau 210 km/jam. Goodyear tidak merekomendasikan bagi pengendara untuk menempuh kecepatan melebihi batas kecepatan ban.

8. Huruf DOT

Huruf ini menunjukkan bahwa ban tersebut sesuai dengan semua Standar Keselamatan Kendaraan Bermotor Federal yang berlaku di Amerika Serikat.

Baca Juga:  Lampu Rem Berwarna Merah dan Kuning, Ternyata Ada Manfaat Penting Dibaliknya

Huruf DOT menunjukkan Nomor Identifikasi Ban

9. Nomor Identifikasi Ban

Nomor ini serangkaian dengan Hhuruf DOT. Nomor identifikasi ini terdiri dari 12 nomor dan huruf untuk mengindentifikasi lokasi pabrik serta minggu dan tahun ban diproduksi. Untuk penjelasan tentang nomor identifikasi kendaraan, anda bisa lihat di artikel cinta mobil sebelumnya.

10. UTQG

Merupakan kependekan dari Uniform Tire Quality Grading, sebuah sistem penilaian yang dikembangkan oleh Departemen Perhubungan A.S. untuk memberi konsumen informasi yang bisa membantu konsumen dalam membeli ban berdasarkan kemampuan treadwear, traksi dan suhu yang relative tinggi.

Perhatikan UTQG untuk kebutuhan kendaraan

Nilai traksi: menunjukan traksi basah ban atau kemampuan ban dalam cuaca kering maupun basah. Ban dengan rating AA menawarkan daya cengkram yang bagus ketika kondisi basah

Nilai Kelas Traksi:

AA

A

B

C

Nilai suhu: menunjukkan kemampuan ban dalam menahan dan menghilangkan panas yang merusak. Ban dengan tingkatan suhu yang tinggi mampu beroperasi pada kecepatan tinggi

Nilai Suhu

A: Untuk kecepatan lebih dari 115 mph (185 km/jam)

B: Diantara kecepatan 100 – 115 mph (160 – 185 km/jam)

C: Diantara kecepatan dibawah 85 – 100 mph (136 – 160 km/jam)

Untuk dijelaskan sepenuhnya, silakan lihat video mengenai spesifikasi ban berikut ini

Baca Juga:  Biar Lebih Hemat, Ini Tips Beli Pelek Bekas

Nilai tapak (treadwear): merupaka tes standar untuk membantu kekuatan tapak ban. Ban dengan treadwear 200 harus bertahan dua kali lebih lama dari ban dengan tapak 100.

Jika anda melihat spesifikasi ban di atas, tidak terlalu sulit untuk membedakan dan memilih ban yang sesuai dengan kendaraan anda. Yang terpenting adalah memilih ban yang sesuai dengan kendaraan anda. Dengan spesifikasi ban yang sesuai, mobil bisa melaju dengan maksimal dan memberikan kenyamanan dalam berkendara.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *