Tips Cerdas Membeli Mobil Bekas Langsung dari Tangan Pertama

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/07/17/20170717092249-2204.jpg”>

Beli mobil bekas perlu banyak perhatian

Membeli mobil bekas, akan membuat anda membutuhkan kehati-hatian dan kejelian dalam melihat kondisi langsung mobil tersebut. Ada banyak hal yang harus dicermati dalam membeli mobil bekas, di mana Anda dituntut untuk memiliki pengetahuan yang cukup mengenai seluk-beluk mobil dan pengalaman yang lumayan juga dalam menilai kelayakan mobil yang akan dibeli tersebut.

Meski hanya akan membeli mobil bekas, namun tetap saja hal tersebut akan melibatkan sejumlah uang yang tidak sedikit, karena itu pastikan Anda tidak terjebak dalam tindak penipuan dan mengalami kerugian pada saat akan melakukan pembelian tersebut. Di bawah ini adalah beberapa tips yang bisa Anda jadikan sebagai acuan dalam membeli mobil bekas langsung pada pemiliknya:

1. Memeriksa latar belakang kendaraan

Jangan lupa mengecek keadaan mobil secara total

Saat akan membeli sebuah mobil bekas, maka sangat penting untuk memeriksa latar belakang mobil yang diiklankan tersebut. Beberapa hal yang patut Anda cermati mengenai kondisi mobil tersebut, meliputi: apakah mobil tersebut pernah tabrakan atau belum atau apakah mobil tersebut sudah pernah mengalami turun mesin atau belum.

2. Jangan membeli mobil bekas dalam keadaan tergesa-gesa

Perlu ekstra sabar dan hati-hati saat beli mobil

Baca Juga:  Mencegah Karat, Lakukan Empat Langkah Ini

Hal ini adalah salah satu hal paling pantang untuk dilakukan karena membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas tentu saja akan sangat berbeda dengan kondisi saat Anda akan membeli sebuah mobil dalam keadaan baru. Anda akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa menemukan jenis mobil dan kondisi yang sesuai dengan keinginan, karena kondisi dan jumlah mobil bekas yang Anda inginkan belum tentu selalu tersedia di pasaran.

Dalam hal ini Anda akan dituntut untuk ekstra sabar dan hati-hati, agar mobil yang anda beli benar-benar sesuai dengan keinginan dan Anda juga tidak mengalami kerugian pada saat membelinya.

3. Jangan membeli mobil dengan kondisi seperti ini

Jangan pilih mobil yang terlalu lama

Saat membeli sebuah mobil dalam keadaan bekas, maka ada saja hal yang akan membuat kita perlu mempertimbangkan kembali keputusan yang bisa kita ambil. Hindari untuk membeli sebuah mobil yang diberi embel-embel “perlu sedikit perbaikan”, karena kata sedikit tersebut sangatlah relatif bagi setiap orang dan tidak bisa diprediksi. Pada umumnya kendaraan yang seperti itu justru akan mengandung risiko berat di kemudian hari, di mana akan menuntut Anda untuk melakukan sejumlah perbaikan dalam berbagai macam hal yang tentu saja akan menguras banyak pengeluaran.

Baca Juga:  Daihatsu Kasih Trik Jitu Hemat Bahan Bakar Saat Perjalanan Mudik

4. Jangan terlalu skeptis terhadap penjual

Meski banyak tindak penipuan yang terjadi di dalam sebuah transaksi pembelian mobil bekas, di mana hal tersebut sudah pasti akan merugikan pihak pembeli, namun Anda tidak bisa menyamaratakan semua penjual mobil bekas identik dengan tindakan tersebut. Jangan bersikap skeptis dan berlebihan, karena di luar sana ada banyak juga pihak leasing dan pemilik mobil bekas yang jujur dan tidak berniat untuk merugikan Anda.

Bersikaplah baik dan sopan pada saat bertemu dengan pemilik mobil, tanyakan segala sesuatu yang ingin Anda ketahui secara sopan dan pantas. Sikap yang tenang dan komunikasi yang lancar tentu saja akan membuat transaksi yang kita lakukan bisa berjalan dengan baik dan lancar. Jika Anda merasa kurang nyaman dengan mendatangi langsung pemilik mobil bekas, maka ada baiknya anda membeli mobil bekas pada penjual yang telah memiliki reputasi baik dan tepercaya.

5. Beli langsung dari pemiliknya

6. Jangan mudah terjerat rayuan marketing

Jangan terjebak rayuan marketing di showroom

Hal lainnya yang mungkin membuat Anda mengalami kerugian pada saat membeli mobil melalui showroom adalah kepiawaian staf marketing showroom tersebut dalam merayu para konsumen, sehingga Anda membeli mobil bekas dengan harga yang justru jauh lebih tinggi dari pasaran yang berlaku saat itu. Selain hal tersebut, pihak showroom yang telah bergelut di bidang jual beli mobil bekas pasti telah memiliki segudang pengalaman dalam memoles dan mempercantik tampilan sebuah mobil, sehingga mobil tersebut tampak masih mulus dengan kondisi mesin yang juga cukup prima. Ini juga merupakan hal yang seringkali merugikan pihak pembeli mobil bekas, di mana biasanya mobil tersebut akan mengalami berbagai macam gangguan meski hanya digunakan dalam beberapa hari saja.

Baca Juga:  Menyalakan Mesin Mobil Penting Untuk Kesehatan Aki

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *