Tips Berkendara Dengan Membawa Banyak Barang Bawaan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/10/30/pOctdDF4/packing-for-a-road-t-8b96.jpg”>

Akan tetapi saat melakukan perjalanan panjang atau melakukan mudik, para pemakai mobil pribadi sering harus membawa banyak barang untuk keluarga kesayangannya. Mereka merasa bingung tidak tahu gimana cara memuat barang bawaan yang cukup banyak ini.

Berikut ini Cintamobil.com akan sampaikan beberapa tips berkendara dengan membawa banyak barang:

Saat akan melakukan perjalanan, tentu harus memperhatikan jenis mobil yang akan kita gunakan. Setiap jenis dan tipe kendaraan mempunyai spesifikasi dan daya angkut yang berbeda. Informasi daya angkut kendaraan dapat dilihat di buku manual kendaraan tersebut.

Penempatan barang bisa diatur sedemikian agar dapat terbagi merata di dalam ruang kargo atau bagasi dan terikat sempurna. Barang yang berat diletakkan paling bawah dan terbagi rata di setiap sisi ruang bagasi (serendah mungkin dengan pusat gravitasi kendaraan). Jangan lupa untuk memastikan posisi barang kokoh dan tidak mudah ‘berguling’ saat mobil melakukan manuver. Jika perlu, tidak ada salahnya untuk menggunakan aksesoris seperti jaring pengaman.

Baca Juga:  Sebelum Terlambat, Ketahuilah Tanda-tanda Kopling Mobil Anda Bermasalah

Tips Berkendara Dengan Membawa Banyak Barang Bawaan

Penempatan barang di atap (dengan menggunakan roof rack/box) tidak boleh melebihi kemampuan angkut atap. Kisarannya antara 25-40 kg untuk kendaraan ringan.

Pilihlah barang dengan bobot ringan dan atur penempatan roof rack/ box sedekat mungkin dengan pusat gravitasi kendaraan (di tengah dari diagonal sumbu depan dan belakang kendaraan). Pastikan pula agar barang bawaan di roof box tidak mudah terguling atau terikat dengan baik.

Pastikan selama berkendara dengan beban berlebihan Anda tidak melaju kencang. Upayakan menjaga kecepatan di 50 km/jam dan maksimal 70 km/jam.

Semoga tips tersebut berguna untuk sobat – sobat.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Memeriksa Ban dan Pelek Sebelum Perjalanan Jauh: Keharusan untuk Keamanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *