Tips Aman dan Efisien Berkendara di Persimpangan Jalan

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/27/Ay6TmsFs/c2-4d8a.jpg”>

Interseksi atau persimpangan digambarkan sebagai situasi lalu lintas yang paling kompleks bagi pengendara karena pejalan kaki, pesepeda, dan pengguna jalan lainnya bertemu setiap hari. Karena itu, Cintamobil akan memberikan saran untuk berkendara di persimpangan yang aman dan efisien.

1. Apa itu persimpangan?

Persimpangan adalah lokasi dimana dua atau lebih jalan bertemu atau melintas dan lalu lintas yang bergerak kearah berbeda. Kendaraan terseput datang dalam berbagai desain, konfigurasi dan ukuran. Dalam desain lalu lintas, persimpangan bisa berisi enam jalan konvergensi. Misalnya, persimpangan enam arah bisa melinatkan persimpangan dua jalan yang saling tegak lurus dan jalan lain melintasi mereka secara diagonal.

Baca Juga:  Arus Mudik Padat, Ketahui Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Contoh persimpangan dengan 6 jalan

Peralihan dan manuver lalu lintas yang terjadi di persimpangan menciptakan peluang terjadinya konflik antar kendaraan, kendaraan dengan pejalan kaki, atau kendaran dengan sepeda. Konflik ini bisa mengakibatkan kecelakaan lalu lintas. Definisi ini menekankan bahaya inheren persimpangan, menggambarkan bagaimana terjadi ‘konflik’ pada persimpangan.

2. Kenapa persimpangan bisa berbahaya?

Terlalu banyak kendaraan yang berbenturan dan menyebabkan kematian ketika terjadi kecelakaan di persimpangan. Sebagai pengguna jalan, anda harus mengakui bahwa persimpangan menjadi salah satu momok yang menakutkan bagi pengemudi. Bahkan, tak jarang kemacetan di jalan berawal dari tidak teraturnya kendaraan yang melintas di persimpangan.

Persimpangan kerap menjadi awal dari kemacetan

Baca Juga:  Mewaspadai Bau Pada Mobil

Lalu, kenapa persimpangan berbahaya? Beberapa alasannya adalah:

3. Berkendara dengan benar di persimpangan

Yang paling penting, berhati-hati dalam melintas persimpangan merupakan cara teraman yang bisa anda lakukan. Namun, beberapa tips untuk mengemudi dengan aman di persimpangan di antaranya adalah:

Berikut cara jalan di persimpangan 6

Perhatikan cara aman berkendara di persimpangan berikut ini

Cobalah untuk lebih berhati-hati ketika melintasi persimpangan, apalagi jika anda melintasi perlintasan tanpa lampu lalu lintas. Memperhatikan lalu lintas dan selalu waspada merupakan cara mengemudi aman ketika berkendara di persimpangan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Si Mungil Nissan March 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *