Tipe dan Fungsi Sensor pada Mobil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/12/Ay6TmsFs/c2-26fd.jpg”>

Apa itu sensor pada mobil?

Kontrol computer yang kompleks membuat mesin mobil modern praktis memiliki kemampuan rangsangan internal dan eksternal dan menyesuaikannya dengan keadaan mobil itu sendiri. Sensor mesin adalah mata dan telinga mobil. Jika salah satunya mengalami kerusakan, sama seperti manusia kehilangan salah satu indera mereka.

Sebuah mobil memerlukan tiga hal mendasar agar bisa berfungsi dengan baik dan lancar: rasio udara dan bahan bakar yang benar, percikan api yang benar untuk menyalakan mesin, dan ‘pemikiran’ sendiri untuk memastikan agar oli atau pelumas mengalir di bagian mesin dan menjaga suhu mesin tetap stabil.

Perkembangan teknologi menghasilkan beragam sensor pada mobil

Setiap sensor dibuat untuk memberikan informasi terbaru pada komputer mesin tentang aliran udara, rasio bahan bakar dan udara, serta poros engkol atau posisi camshaft sehingga dapat menyesuaikan injeksi bahan bakar dan waktu percikan api terjadi pada mesin.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Toyota Yaris 2016

Tipe-tipe sensor pada mobil

Secara umum, sensor mesin adalah alat elektro mekanis yang memantau berbagai parameter mesin. Mesin menggunakan berbagai jenis sensor yang terutama terdiri dari Thermocouple, Resistance Temperature Detectore (RTDs) dan sensor Hall Effect.

1. Thermocouple menggunakan dua konduktor berbeda yang saling kontak pada satu atau lebih titik yang menghasilkan voltase. Sensor ini akan mengirimkan sinyal dalam bentuk elektrik pada ECU. Sensor thermocouple adalah alat pengukur suhu yang mengubah suhu menjadi muatan listrik. Biasanya diguanakan untuk pengukuran dan pengendalian suhu seperti pada Engine Coolant Temperature Sensor (Sensor Pendinginan Temperatur Mesin).

Contoh thermocouple pada mobil

2. Detektor temperatur suhu atau RTD mengukur suhu dengan menghubungkan hambatan elemen RTD dengan suhu. Elemen RTD terbuat dari logam murni seperti platinum, nikel atau tembaga. Salah satu unit yang menggunakan sensor ini adalah evaporator AC

Baca Juga:  Begini Tips Cara Merawat dan Menjaga Kondisi Mobil ala Mercedes-Benz

3. Sensor Hall Effect terdiri dari transduser yang memvariasikan tegangan output sesuai medan magnet. Sensor Hall Effect biasanya mendeteksi kecepatan dan digunakan dalam aplikasi mobil seperti Crankshaft Speed

Fungsi sensor mobil

Beberapa sensor mobil memiliki berbagai fungsi yang bertugas mengukur komponen-komponennya. Berikut beberapa fungsi sensor mobil yang ada pada mobil-mobil modern yang telah dirangkum oleh tim Cintamobil,

Beberapa bagian sensor pada mobil

Bagian speedometer juga mempunyai sensor

Sama seperti manusia, fungsi sensor mobil membantu mobil untuk berjalan dengan semestinya. Karena itu, pengendaraan dan perawatan yang baik akan membuat sensor-sensor yang ada pada mobil berjalan dengan baik dan menghindari bahaya tak terlihat yang ada pada mobil.

Baca Juga:  Life Hack: Membersihkan Interior Mobil dengan Cara Sederhana

Berikut beberapa tipe sensor pada mobil

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *