Mobil  

Suzuki Siapkan S-Presso, Crossover Mungil Pesaing Renault Kwid

tautekno.com – Jajaran mobil kecil Suzuki bertambah lagi. Kali ini menyasar model crossover mungil, untuk menyaingi Renault Kwid. Intaian kamera sudah menangkapnya saat sedang uji jalan. Masih dalam kondisi tertutup rapat, namun jelas postur kakinya jenjang bak SUV. Dapat dikonfirmasi, namanya Maruti Suzuki S-Presso.

Ya, pengembangannya terpusat di India. Tak lain menjadi versi produksi dari Suzuki Future-S Concept. Sebuah mobil konsep hasil garapan Maruti Suzuki sendiri yang dipamerkan saat berlangsungnya India Auto Expo 2018. Memang direncanakan masuk jalur produksi 2019 ini. Pastinya Maruti tidak tinggal diam melihat larisnya Renault Kwid di pasar mereka. S-Presso pun diplot untuk menjegal. Posisinya dalam lineup Maruti Suzuki sebagai crossover entry level di antara Alto dan WagonR.

Walau dalam keadaan kamuflase, terlihat jelas wujud terinspirasi SUV. Kap mesin tinggi, bodi tegap berotot, dan ruang roda besar, terlihat banyak kesamaan dengan konsep Future-S. Ciri semua itu juga ditemui dalam rancangan Renault Kwid. Tapi, sepertinya tidak sekeren Suzuki Ignis. Melihat proporsinya terlihat terlalu dipaksakan menjadi SUV mungil.

Baca Juga:  Intip Spesifikasi Daihatsu Rocky Hybrid di GIIAS 2022

Desain konsep Future-S tidaklah mengikuti gaya rancang SUV Suzuki masa kini. Lihat saja Ignis, Vitara sampai Jimny. Semuanya kembali bermain garis-garis tegas seperti kembali ke rancangan lama. Namun Future-S ini serbabulat dan menggembung. Mungkin sesuai selera desainer di India. Hasilnya di versi produksi juga tidak sama persis. Tampak pintu belakang tidak tersamar seperti konsep. Letak gagang pintunya normal, bukan di pilar. Soal platform, paling masuk akal memanfaatkan sasis modular Heartect-A, yang juga menjadi basis WagonR dan Ignis.

Terlihat sedikit bagian interior, menunjukkan desain dashboard dengan panel instrumen berbentuk setengah lingkaran tepat di tengah. Kesan futuristis ingin ditonjolkan lewat bagian itu. Kemungkinan mengadopsi tampilan digital. Tapi karena masuk model entry level berharga murah, jangan harap banyak material mewah di dalamnya.

Baca Juga:  TKDN Pamer Teknologi Keselamatan Bus di Sustainable Transportation Forum 2022

Merujuk pada konsepnya, kemungkinan bakal memakai sistem infotainment monitor layar sentuh. Mudahnya memakai milik WagonR yang sudah ada. Lalu fitur keselamatan standar sepantasnya sudah komplet. Seperti dua SRS airbag, ABS dan EBD, serta sensor parkir.

Rata-rata pasukan mobil kecil Suzuki di India ditenagai pilihan mesin sama. Karena posisinya di antara Alto dan WagonR, kemungkinan memakai mesin yang sama dengan kedua city car. Paling cocok mesin K10B 3-silinder 1,0-liter dengan tenaga 68 PS dan torsi 90 Nm. Pilihan transmisi selain manual juga ada Automated-Manual Transmission (AMT). (Odi)

Sumber: Cardekho

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Mobil Hidrogen Hyundai Nexo Pecahkan Rekor Jarak Tempuh Terjauh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *