Spesifikasi Toyota bZ3X, Sedan Listrik Pertama Toyota Produksi China

tautekno.com – Toyota diketahui telah meluncurkan mobil listrik dengan gaya yang berbeda dari sebelumnya. Diketahui sedan listrik terbaru bernama Toyota bZ3.

Mobil ini merupakan saudara dari Toyota bZ4X. Toyota bZ3 dibuat hasil kerja sama dengan merk dari China.

Tak cukup dengan itu, bZ3 juga hadir dengan spesifikasi mewah dan menggunakan basis sedan.

Menggunakan kode bZ, sudah dipastikan mobil sedan ini akan menggunakan tenaga listrik. Seperti apa spesifikasi dari mobil listrik Toyota bZ3 ini?

Dikutip Pikiran-Rakyat.com dari Nikkei Asia pada Jumat, 6 Januari 2023, mobil ini akan menjadi strategi ekspansi Toyota untuk memperluas pangsa pasarnya di China.

Toyota bZ3 merupakan mobil listrik sedan pertama yang dikeluarkan oleh Toyota , dan dikembangkan bersama merk dari China yakni BYD.

Baca Juga:  Modifikasi Honda Freed Proper Cita Rasa Hybrid Jepang

bZ3 rencananya akan diproduksi di Tianjin dan didistribusikan untuk pangsa pasar China oleh FAW Toyota Motor, perusahaan hasil patungan Toyota dengan FAW Group.

Untuk spesifikasinya, Toyota bZ3 ini memiliki dimensi panjang 4.725 mm, lebar 1.835 mm, dan tinggi 1.475 mm, dengan sumbu roda (wheelbase) 2.880 mm.

Mobil Toyota bZ3 ini sudah menggunakan platform listrik terbaru dari Toyota yakni Toyota e-TNGA. Mobil digerakkan oleh baterai jenis LFP berkapasitas 49,92 kWH dan 65,28 kWH.

Dengan paket baterai biasa, mobil ini bisa melaju hingga jarak 517 kilometer.

Ada tipe Long Range Pro di mana Toyota bZ3 bisa melaju hingga jarak 616 kilometer. Dan ada satu tipe lagi yakni Long Range Premium yang memiliki daya jelajah sama dengan Long Range Pro, tapi dilengkapi fitur lebih banyak.

Baca Juga:  Viral Polisi Mulai Berlakukan Tilang Elektronik: Pelanggar Didiamkan, Tinggal Difoto Terus Pergi

Untuk penggunaan tenaga, ada dua opsi yang bisa dipilih oleh para konsumen. Toyota bZ3 tersedia dalam pilihan mesin dengan tenaga maksimum mencapai 184 PS dan juga 245 PS dengan torsi maksimum 303 Nm.

Kedua dari mesin tersebut tenaganya akan disalurkan oleh transmisi penggerak roda belakang (RWD).

Dengan spesifikasi seperti itu, Toyota bZ3 yang dipasarkan di China pada Januari 2023 dibandrol mulai 189.000-219.800 yuan (setara dengan Rp431-399 juta).***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *