Seberapa Jauh Mobil bisa Menyala Ketika Lampu Indikator Bensin Menyala?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2020/11/30/NaRYWXKq/1202-1-fbf6.png”>

Mungkin kehabisan bahan bakar maupun lampu penanda di dashboard yang berkedip pernah kita alami. Beruntung jika lampu tersebut berkedip di daerah perkotaan dengan banyak pom bensin atau penjual minyak ketengan. Tapi bagaimana jika hal ini terjadi ketika sedang di jalan tol atau sedang menempuh perjalanan luar kota.

Perhatikan lampu indicator bensin yang menyala

Lampu indikator bensin menyala bukan menandakan bahan bakar teman sudah habis, tetapi menunjukkan bahan bakar yang ada pada tangki tinggal sedikit. Meskipun lampu bahan bakar menyala, mobil masih bisa berkendara beberapa kilometer lagi untuk memudahkan teman mencari tempat pengisian terdekat.

Jika lampu indikator bensin menyala, berarti ada beberapa liter bahan bakar tersisa dalam tangki mobil. Sebagian besar mobil setidaknya menyimpan setidaknya 7 liter bahan bakar. Tapi, cadangan bahan bakar ini berbeda untuk setiap pabrikan, bahkan model yang berbeda dalam satu pabrikan.

Baca Juga:  Bersama Komunitas Mobil, Daihatsu Jelaskan Tiga Teknik Pengereman Mobil

Untuk lebih paham, ada daftar dan chart untuk beberapa model mobil yang memberikan gambaran berapa banyak bahan bakar yang tersisa (dalam gallons, 1 gallons = 3.8 liter).

Tabel beberapa pabrikan mobil untuk bahan bakar cadangan

Untuk perbandingan, biasanya ketika lampu indikator menyala, masih ada sekitar 26 mil (atau sekitar 41 km) lagi sebelum mobil benar-benar kehabisan bahan bakar. Jarak tersebut akan sangat berbeda jika dibandingkan dengan bebarapa faktor yang mempengaruhi pemakaian bahan bakar. Misalnya kecepatan mobil, pengereman dan akselerasi, serta perawatan pada mobil.

Jenis mobil juga sangat berpengaruh terhadap efisiensi bahan bakar yang akhirnya mempengaruhi jarak tempuh ketika lampu indikator menyala. Jika teman mengemudikan Corsaux Vauxhall, mobil bisa menempuh lebih dari 29 mil (atau 46km). Bandingkan dengan jarak 37 mil (atau 60 km) yang bisa dicapai oleh Ford atau 39 mil (63 km) jika teman menggunakan Volkswagen Polo.

Baca Juga:  Mengapa Banyak Part Kandungan Plastik Pada Sebuah Mobil?

Bahkan, jika teman menggunakan mobil dengan cadangan bahan bakar yang lebih besar, seperti Audi A3 dan Volkswagen Golfs, mobil bisa berjalan sepanjang 42 mil (68km) mulai dari lampu menyala.

Audi A3, mempunyai cadangan bahan bakar yang cukup untuk 68 km

Namun, kebanyakan pengendara melebih-lebihkan kemampuan mobil untuk berkendara ketika lampu indikator menyala. Padahal, berkendara dengan bahan bakar yang sedikit bisa menimbulkan masalah yang akan mecederai mesin mobil. Berkendara dengan bahan bakar yang sedikit bisa menimbulkan penyumbatan pada filter.

Klik video berikut ini untuk paham lebih jelas tentang hal itu

Selain itu, mobil yang berhenti tiba-tiba bisa mengakibatkan masalah besar di jalanan, bukan hanya untuk diri sendiri, tetapi juga pengendara lain. Karena itu, sebelum melakukan perjalanan jauh, perhatikan ketersediaan bahan bakar serta perhatikan tempat-tempat pengisian bahan bakar yang aan dilalui. Lakukan hal ini untuk mencegah terjadinya kehabisan bahan bakar di tengah jalan. Perhatikan video tentang berapa lama mobil bisa berjalan ketika lampu indikator bensin menyala berikut ini.

Baca Juga:  3 Keuntungan Besar Layanan Toyota Home Service di Auto2000

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *