Sebelum kirim Mobil Dengan Menggunakan Jasa Pengiriman, Apa yang perlu dilakukan?

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/10/06/pOctdDF4/layanan-jasa-kirim-m-ea12.png”>

Berikut ini adalah beberapa tips yang Cintamobil.com sampaikan kepada sobat:

1. Inventaris barang di dalam mobil

Anda harus inventaris barang-barang yang ada di dalam mobil ataupun di bagasi, khususnya barang-barang berharga. Biasanya, mobil yang dikirim dalam rangka keperluan tentang dinas pekerjaan, ataupun dalam rangka pemindahan rumah, ada juga barang pribadi yang disertakan bersamaan untuk bisa menekan biaya pengiriman, misalkan seperti: komputer, laptop, buku atau lainnya. Tujuan dilakukan pendataan ini untuk dilaporkan kepada pihak ansuransi. Sehingga kalau ada barang hilang yang memenuhi persyaratan, maka pihak ansuransi akan mengganti sesuai nilai barang yang hilang tersebut.

2. Cuci mobil dan foto

Foto mobil secara keseluruhan dan dokumentasikan

Cucilah mobil terlebih dahulu dan periksalah kembali eksterior mobil yang akan anda kirim. Perhatikanlah di setiap cacat/rusak yang sudah ada, apapila jika diperlukan, foto mobil secara keseluruhan dan dokumentasikan. Ketika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan, foto – foto ini bisa menjadi barang bukti untuk melakukan klaim. Pada saat serah terima mobil di surat jalan tersebut, ada catatan mobil tersebut sudah ada goresan atau belum, sehingga lebih memudahkan proses saat klaim dari pihak ansuransi nantinya.

Baca Juga:  Tak Takut Baterai Habis, Hyundai Sonata Hybrid Gunakan Panel Surya Pada Mobilnya

3. Periksa Mesin

Cek untuk memastikan kondisi mesin mobil anda berada dalam keadaan baik

Saat dilakukan proses bongkar muat, mungkin ada kalanya mobil harus dikendarai. Oleh karena itu, anda harus memastikan kondisi mesin mobil anda berada dalam keadaan baik. Anda harus memeriksa bagian aki, ban, oli mesin, gardan, pendingin, dan lain- lain. Jangan lupa anda harus memberitahukan ke bagian perusahaan layanan kirim mobil tersebut tentang masalah yang mungkin akan muncul yang pernah dialami mobil, sehingga mereka akan bisa lebih siap.

4. Matikan Alarm

Ingatlah matikan alarm pada mobil anda sebelum dikirim

Matikanlah alarm pada mobil anda. Kalau anda lupa mematikannya dan mobil sudah dilakukan proses pengiriman, segeralah hubungi dan beritahu pada pihak layanan pengiriman mobil tentang cara bagaimana untuk tidak aktifkan alarm tersebut.

Baca Juga:  Kelebihan dan Kekurangan Lampu LED Dibanding Lampu Halogen

5. Pilih Asuransi Terpercaya

Hati – hati ketika memilih asuransi mobil

Untuk memilih pihak ansuransi, sebenarnya tidak mudah. Terkadang informasi yang diberikan yang umum saja soal premi dengan harga yang murah, serta jaminan yang akan didapatkan. Informasi terkadang tidak dijelaskan secara spesifik mengenai ansuransi khusus pengiriman mobil. Apakah proses perjalanan pengiriman itu sudah tercover asuransinya belum, jika terjadi keadaan yang tidak terduga di dermaga, di dalam kapal, proses bongkar muat semuanya akan diatasi bagaimana? Untuk soal ini sebaiknya Anda berkonsultasi dulu ke pihak perusahaan jasa pengiriman mobil tersebut, biarkan perusahaan jasa pengiriman tersebut memilih asuransi yang terbaik untuk anda.

Selain itu, jangan lupa mengosongkan bensin kendaraan untuk meminimalisir hal – hal yang tidak diinginkan.

Baca Juga:  Pernah Tau Gak Sih Sejarah Wiper Mobil?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *