Mobil  

Renault 5 Prototype Versi Produksi Siap Debut Tahun Depan

tautekno.com – MUNICH – Awal tahun 2021 lalu Renault mencuri perhatian dengan memperkenalkan versi modern dari hatchback klasik Renault 5. Prototipe yang telah disulap dengan penggerak bertenaga listrik itu menjadi interpretasi modern dari mobil yang populer namanya dari ajang reli dunia. Ada kabar baik bagi penggemar Renault 5 yang akan diwujudkan menjadi kenyataan dalam waktu tidak lama lagi.

Bersamaan dengan hadir di Munich Motor Show 2021, Renault mengumumkan bahwa 5 Prototype akan diproduksi dan dipasarkan. Dijanjikan oleh Renault, versi produksi 5 Prototype bertenaga listrik akan hadir paling cepat pada tahun 2022. Sejauh ini baru itu pernyataan langsung dari Renault yang bisa kita ketahui tentang mobil ini.

Versi baru dari Renault 5 dihadirkan untuk menunjukkan apa yang pernah dilakukannya pada versi predesesor. Jika Renault 5 original dibuat untuk membuat mobil bisa dimiliki oleh semua orang pada masanya, versi penerusnya juga diklaim akan membuat mobil listrik bisa dimiliki di seluruh penjuru Eropa.

Baca Juga:  Mengenal Lebih Dekat Aurus Senat, Mobil Kepresidenan Penyelamat Vladimir Putin

Hadir di pameran Munich, Renault 5 Prototype ditampilkan bersama beberapa unit 5 lawas. Di sini bisa terlihat perbedaan mencolok dimensi antara kedua generasi, yang menjadi lebih besar. Pameran ini juga merayakan 50 tahun sejak Renault 5 pertama kali hadir ke pasar otomotif. Lini 5 klasik di pameran antara lain versi TL berwarna oranye, Le Car Van hitam, TX warna sampanye, dan versi listrik berwarna biru. Meski membengkak dimensinya, kedua generasi berbagi gaya dan elemen desain yang sama.

Renault 5 generasi baru akan menjadi bagian dari rencana strategis Renault yang mereka sebut sebagai “Renaulution”. Dalam rencana ini setidaknya ada tujuh model mobil listrik baru yang akan diluncurkan sampai tahun 2025. Salah satu model pertamanya adalah Renault E-Tech yang diungkap di Munich Motor Show, yang versi produksinya akan menggunakan konfigurasi dua motor listrik dan baterai.

Yang menarik adalah Renault akan memproduksi 5 terbaru dari pabrik yang sama, tempat 5 generasi awal diproduksi juga. Rencana keseluruhan Renault ingin memproduksi sebanyak 400.000 kendaraan listrik di Perancis setiap tahunnya.

Baca Juga:  Land Rover Discovery Anyar Diduga Pakai Mesin Mild Hybrid

Renault 5 EV dibangun memanfaatkan platform CMF-B yang juga dipakai berbagai model di bawah naungan Renault, seperti Dacia Sandero. Alpine juga sudah punya rencana untuk 5, membuat versi lebih kencang agar bisa meraih akselerasi 0-100 km/jam dalam waktu 6 detik.

Sentuhan desain 5 yang klasik dipertahankan menjadi dasar dirancangnya versi prototype ini. Renault mengadopsi desain body dengan garis yang bersih dan permukaan yang rata alias sleek, dengan sentuhan elemen futuristik pada lampu dan fascia depan. Warna kuning terang khas Renault juga ditampilkan pada prototipe ini, yang menegaskan karakter sporty darinya.

Design Director di Renault, Gilles Vidal pernah mengatakan bahwa elemen styling original dari sang ikon digunakan kembali untuk memenuhi kebutuhan pada EV modern. Sebut saja seperti intake bonnet offset yang dirancang sekaligus menyembunyikan charging port untuk baterai. Lalu lampu belakang dihiasi oleh flap aerodinamika, sementara lampu depan sudah disertai daytime running lights (DRL).WAHYU HARIANTONO

Baca Juga:  Bus Listrik PT INKA Beroperasi di Bandung

Sumber: Carscoops

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *