Proses Pembuatan Surat-Surat Kendaraan Bermotor di Indonesia

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/16/Ay6TmsFs/a-1-705e.jpg”>

Proses pembuatan surat-surat kendaraan bermotor, seperti BPKB atau STNK bisa dilakukan di Samsat di daerah anda. Untuk proses pembuatan surat-surat kendaraan, ada beberapa hal yang harus disiapkan dan berbeda tergantung surat-surat yang anda inginkan

1. STNK

Pembuatan STNK bisa dilakukan di Samsat dengan membawa:

Pembuatan surat-surat kendaraan bisa dilakukan di Samsat

Adapun langkah-langkah pembuatan STNK adalah:

2. BPKB

Pembuatan BPKB, sama seperti STNK sendiri; seharusnya sudah diurus oleh dealer dimana kita membeli mobil. Baik itu mobil rakitan di Indonesia maupun mobil impor, selama kita membeli di dealer, seharusnya diurus oleh dealer yang bersangkutan. Namun, jika anda tidak mendapatkan BPKB langsung, anda bisa mengurus sendiri di loket BPKB.

Baca Juga:  Agar Tidak Tertipu, Ini Tips Belanja Suku Cadang Online

Loket BPKB tidak hanya berada di POLDA, tapi juga di Samsat

Loket BPKB biasanya ada di POLDA, tapi terkadang, ada beberapa kota yang memiliki loket BPKB di Samsat kota tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa menanyai Samsat kota tempat anda membeli kendaraan tersebut.

Untuk persyaratan pembuatan BPKB, menurut Pasal 44 huruf b, ada beberapa perbedaan persyaratan, tergantung siapa yang mempunyai kendaraan. Berikut pembagiannya:

a) surat kuasa bermeterai cukup, menggunakan kop surat badan hukum dan ditandatangani oleh pimpinan serta stempel cap badan hukum yang bersangkutan;

b) fotokopi KTP yang diberi kuasa;

c) surat keterangan domisili; dan

d) Surat Izin Usaha Perdagangan dan Nomor Pokok Wajib Pajak yang dilegalisasi;

Baca Juga:  Pilih-pilih Camilan Bergizi Sebagai Teman Ketika Macet

a) surat kuasa bermeterai cukup, menggunakan kop surat instansi pemerintah dan ditandatangani oleh pimpinan serta stempel cap instansi yang bersangkutan; dan

b) melampirkan fotokopi KTP yang diberi kuasa;

Untuk biaya sendiri, pembuatan STNK dan BPKB termasuk murah, namun biaya ini mengalami peningkatan terhitung mulai tahun lalu. Daftar biaya pembuatan STNK dan BKPB bisa anda lihat dari gambar di bawah ini.

Daftar biaya pembuatan surat-surat kendaraan bermotor

Ternyata, tidak ada yang susah dalam proses pembuatan surat-surat kendaraan bermotor di Indonesia. Pemerintah sudah memudahkan akses untuk pembuatan surat-surat tersebut dan sekarang waktunya kita untuk melengkapi dan menjalankan kewajiban kita sebagai warga negara dengan mempunyai surat-surat untuk kendaraan bermotor kita.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Tabel Ukuran Ban Goodyear EfficientGrip Performance SUV Terbaru di Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *