Pintarlah Pilih Ban Untuk Mobil Pada Musim Hujan

Tautekno.com –  Saat musim hujan untuk kendaraan yang paling beresiko memang di bagian ban, karena tumpuan kendaraan ada disitu dan apalagi kalau ban kita sudah bermasalah. Yang pasti jika ban kendaraan kita sudah waktunya ganti, kita harus pintar pintar memilih ban saat musim penghujan seperti ini. Ingin tahu tips memilih ban saat musim hujan? Simak selengkapnya

1. Pilih ban dengan ukuran normal

Utamakan mengunakan ban dengan ukuran senormal mungkin, misalnya untuk mobil dengan profil ketebalan 55 hingga 70. Sedangkan untuk lebar tapak juga disarankan tidak menguranginya, usahakan ukuran normal.

2. Pilih ban dengan Kembangan yang Sesuai

Jangan salah memilih ban karena pertimbangan fashion dengan motif kembangan yang aneh-aneh hanya berdasarkan pertimbangan fashion, tetapi tidak aman digunakan di jalan basah. Ban yang baik punya pola bergaris dengan jarak yang tidak terlalu rapat renggang dan tidak terlalu jarang.

Baca Juga:  Lebih Baik Penggerak Roda Belakang atau Depan Bagi Mobil LMPV?

Pola bergaris tersebut memiliki daya cengkram lebih optimal yang berguna memecah air saat melintasi jalanan basah., tentunya daya cengkram lebih optimal. Hindari penggunaan ban slick atau tanpa pola. Selunak-lunaknya kompon ban slick, tetap akan susah memecah air di jalanan dan cenderung mudah terpeleset.

3. Ban Baru Dibeli Belum Tentu Punya Daya Cengkram Kuat

Jangan langsung memakai ban baru dibeli pada musim hujan dan melintasi jalan basah karena untuk ban yang masih baru diselimuti oleh lapisan silikon yang cenderung licin dan memiliki daya cengkram yang kurang maksimal. Sesudah dipakai beberapa puluh kilometer di lintasan kering, maka lapisan silikon yang menyelimutinya berkurang, dan daya cengkramnya akan semakin baik.arena gerusan dengan aspal akan mengihilangkan silikon tersebut.

Baca Juga:  Mengenal Snorkel Yang Memiliki Fungsi Vital Saat Off-Road

4. Perhatikan Alur Ban

Ada dua jenis ban yaitu ban bidirectional dan ban unidirectional. Ban bidirectional yang bisa dipakai dalam dua arah. Cirinya, alur simetris dan sama kalau dibolak-balik. Ban ini untuk penggunaan normal sehari-hari. Untuk musim hujan, pakai ban yang unidirectional dengan orientasi satu arah. Tidak bisa dipindah dari sisi kanan atau kiri. Jenis ban ini punya pola lebih baik untuk memecah air.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Tips Dan Pengetahuan Yang Dibutuhkan Untuk Berkendara Ketika Hujan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *