Mobil  

Perubahan dan Fitur-Fitur Baru Pada Mitsubishi New Xpander

tautekno.com – JAKARTA – Mitsubishi Xpander terbaru telah diluncurkan pada hari ini Senin (8/11). Terdapat sederet perubahan dari mulai penampilan sampai dengan kenyamanan. Bahkan transmisi pun mendapatkan penyempurnaan agar pengguna mendapatkan kenyamanan berkendara yang lebih baik lagi.

New Xpander mengadopsi transmisi otomatis CVT, namun mesin yang dikombinasikan dengan sektor girboks masih tetap sama. Yaitu 4 silinder segaris 1.5 liter Mivec. Diklaim menawarkan akselerasi lebih baik seperti punya gigi 8-speed. Opsi manual 5-speed masih tersedia. Sedangkan untuk tenaganya, 105 PS pada 6.000 rpm dan torsi 141 Nm pada 4.000 rpm. Namun, Mitsubishi belum mengumumkan harga yang dipatok untuk New Xpander.

Dalam hal penampilan eksterior, Mitsubishi memberikan sentuhan besar dan terlihat menjadi bagian yang paling kelihatan perubahannya. Bahasa desain yang dipakai masih tetap Dynamic Shield tapi sudah ditata ulang lebih baik lagi. Kisi-kisi berubah dan dihitamkan. Tak lagi beraksen kromium. Meski hitam, masih mengilap. Jadi keluar aura elegannya. Lampu sipit untuk siang hari juga direvisi. Lebih lancip.

Nah, lampu utama tak lagi berdesain kotak. Kini bentuknya T-shape atau seperti huruf T miring. Lebih modern. Tentunya diisi LED projector. Masih di wajah, bumper ikut berganti gaya. Juga punya kesan yang modern, dengan garis membentang menghubungkan lampu kabut. Tatanan paras Xpander baru ini terlihat pantas secara keseluruhan.

Baca Juga:  Tertangkap Kamera Pakai Kamuflase, Jeep Grand Cherokee Diubah Total

Sementara tampilan samping tak banyak yang berubah. Ada new side sill garnish. Paling terlihat dari kaki-kakinya. Desain velg baru dan ukurannya naik satu tingkat menjadi 17 inci. Menyesuaikan kaki-kaki, Mitsubishi meracik ulang suspensi yang digunakan pada Xpander. Diklaim biar lebih nyaman. Kemudian menghasilkan peningkatan ground clearance dari sebelumnya. Xpander kini punya jarak terendah 220 mm dari permukaan jalan. Angka itu sebelumnya bisa ditemui pada Xpander Cross. Sedang Xpander lawas punya ground clearance 205 mm.

Kembali ke eksterior, bagian belakang juga signifikan berubah. Pahatan bodi pada tailgate direvisi. Mengikuti alur lampu belakang yang juga punya desain anyar. Masih ada kemiripan dengan model lama, tapi detail lampu berubah dan berisi kombinasi LED. Seperti di depan, bumper belakang ikut menyesuaikan ubahan jadi lebih modern. Reflektornya menjadi vertikal dari sebelumnya horizontal. Oh ya, antena model sirip ikan hiu juga bisa dijumpai pada Xpander baru ini. Satu lagi, membuka pintu bagasi kian mudah karena tombolnya sudah elektris.

Perubahan interior

Masuk ke kabin disambut dengan desain dasbor baru. Terlihat minimalis tapi manis. Desain palang kemudi dan LCD panel meter ikut direvisi. Skema warna, memadukan hitam dan beige pada varian atas. Varian lain memakai skema hitam dan coklat. Dashboard dan trim pintu didukung pelapis soft pad dan diklaim dijahit asli.

Baca Juga:  Best 5 Oto: Pameran Mercedes-EQ SPACE, AC Mobil Nyaman saat Libur Nataru, Bintang Korea Mengemudi saat Mabuk

Untuk layar hiburan ada peningkatan. Luas penampang meningkat dari 7 inci ke 8 inci untuk varian Sport dan Ultimate. Sedang GLS dan Exceed kini kebagian touch screen 7 inci.

Panel AC sudah digital sehingga bagian konsol tengah tampak lebih bersih. Didukung juga dengan penggunaan rem parkir elektrik. Sehingga ruang bisa dimaksimalkan karena tuas rem besar sudah ditiadakan. Arm rest tersedia dan bisa sekaligus dimanfaatkan untuk penyimpanan. Malah ada penyimpanan dedikasi untuk kartu uang elektronik. Tambahan lainnya di interior, port USB untuk penumpang baris kedua. Terdiri dari port USB A dan C.

Fitur yang ditambahkan cukup signifikan. Salah satu yang jadi sorotan, Auto Stop and Go. Fitur yang bakal mematikan mesin sebentar saat mobil berhenti, misal di lampu lalu lintas atau kemacetan. Kinerjanya bakal membantu dalam peningkatan efisiensi bahan bakar. Oh ya, satu lagi fitur yang ada pada Xpander terbaru yang cukup penting. Disebut speed sensing door lock. Pintu bakal terkunci otomatis saat mendeteksi kecepatan tertentu. Bukan fitur baru, malah seharusnya sudah hadir dari Xpander awal. Tapi baru resmi disertakan pada Xpander baru ini.

Baca Juga:  Honda Tantang Pengguna All New Brio Tanding Slalom

Opsi warna dari New Xpander termasuk Quartz White Pearl, Jet Black Mica, Blade Silver Metallic, Deep Bronze Metallic, Red Metallic dan Graphite Gray Metallic. Tiga warna terakhir eksklusif di varian atas (Sport dan Ultimate) saja. (ARDIANTOMI/EK)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *