Pertahankan ‘Wetlook’ Mobil serta Ketahanan Cat dengan Pelapis Nano Ceramic

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/04/12/Ay6TmsFs/d3-41e3.jpg”>

Trik Zaman Kuno

Pada dasarnya, teknologi pelapis nano ceramic dalam industri detailing menggunakan trik Mesopotamia dari abad ke-9. Trik tersebut menggunakan lapisan nano logam yang terbuat dari tembaga, garam perak, dan oksida yang menciptakan efek berkilauan pada tembikar.

Perlindungan pelapis sudah diteliti sejak dulu

Dalam sebuah penelitian pada 1995 menunjukan studi “teknik permukaan” tentang permukaan materi keras dimana 50% dari $17 Milliar pasar di Inggris didedikasikan untuk pelapis yang melindungi permukaan otomotif terhadap keausan dan korosi.

Dikenal sebagai “Permukaan Sains”, produk pelapis sekarang memungkinkan transfer partikel dari satu permukaan ke permukaan lainnya sehingga lapisan nano menjadi tidak terpisah dari permukaan cat mobil. Produsen pelapis otomotif mengklaim formula mereka mengikat secara kimia dan fisik ke permukaan cat.

Nano Ceramic: struktur lebih padat

Pelapis nano ceramic merupakan salah satu coating terbaik yang bisa Anda berikan untuk mobil Anda. Nano ceramic merupakan pelindung cat berbahan keramik, serta diproses dengan menggunakan teknologi nano. Teknologi ini akan menjadikan partikel keramik memiliki ukuran nano, atau 0,000000001 meter.

Baca Juga:  Bikin Harga Makin Mahal, 4 Fitur Mobil Modern Ini Jarang Digunakan

Ukuran partikel nano mampu membuat keramik mampu menutup pori-pori cat mobil dengan sangat rapat. Bahkan, penutup ini membuat cat menjadi kedap udara sehingga mencegah kotoran-kotoran masuk ke dalam pori-pori cat. Salah satu keunggulan nano ceramic lainnya yaitu mencegah terjadinya jamur, oksidasi udara serta pelindung cat dari sinar UV.

Nano ceramic lebih kecil sehingga mampu meresap ke pori-pori

Nano ceramic merupakan bahan unggulan berupa bahan cair yang bisa meresap ke pori-pori dengan menjadi pelapis cat seperti lapisan bening seperti kaca. Nano coating juga memberikan ketahanan dengan tingkat kekerasan 9H atau 9 Hardness, yaitu tingkat kekerasan tertinggi saat ini.

Dengan teknologi terbaru pengaplikasian nano ceramic, dalam satu jam lapisan coating akan mengering dan tidak lengket di tangan. Salah satu perawatan pertama nano ceramic adalah jangan mencuci dengan shampo selama 48 jam pertama. Setelah itu? Anda hanya tinggal merawat mobil dengan mencucinya dengan teratur untuk mencegah mobil terkena jamur.

Baca Juga:  Pilihan Mobil Medium MPV: Hyundai H-1 2013 vs Nissan Serena 2013

Pelapis cat ini memang bukan untuk anti baret, tapi mampu menghilangkan jamur dengan baik. Hal ini diungkapkan oleh Jac, pemilik Scuto Nano Coating, salah satu perusahaan coating yang menggunakan nano ceramic di Indonesia, “Dan satu hal lagi, nano ceramic bukan anti gores. Ini point penting. Karena banyak kompetitor yang anti gores. Padahal mana ada.”

Nano ceramic mampu melindungi cat mobil lebih lama

Perawatan lapisan pelindung ini juga tidak terlalu susah. Jac menjelaskan, “Cuci mobil dan hujan, 2 hal ini paling dominan bikin mobil kusam. Kalau dua hal ini diperhatikan, mobil akan sangat sangat awet.” Hanya dengan mencuci mobil setelah terkena hujan, meskipun tanpa sabun, mobil akan terlepas dari jamur yang mengganggu.

Salah satu kekurangan dari pelapis nano ceramic hanyalah masalah harga yang masih terbilang cukup tinggi. Tapi, tidak ada salahnya mengeluarkan sedikit dana untuk mempertahankan ‘wetlook’ mobil Anda dan ketahanan cat yang lebih lama dengan pelapis cat ini.

Baca Juga:  Begini Tips Cara Merawat dan Menjaga Kondisi Mobil ala Mercedes-Benz

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *