Persiapkan Diri Anda Untuk Melakukan Perjalanan di Malam Hari

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/11/16/XlYbOKmo/c-2-bd1b.jpg”>

Ada beberapa hal yang diperlukan untuk membuat perjalanan malam anda aman. CintaMobil akan memberikan beberapa tips untuk menolong anda melakukan perjalanan di malam hari.

1. Periksa mata anda

Kemampuan kita untuk melihat semakin berkurang sepanjang waktu. Apalagi di usia yang tidak lagi muda, kita harus memperhatikan aspek terpenting dalam melakukan perjalanan, yaitu penglihatan. Sebelum melakukan perjalanan, bahkan untuk perjalanan sehari-hari, selalu periksa mata anda secara berkala. Khususnya untuk anda, pengemudi yang sudah berumur lebih dari 40 tahun.

Perhatikan kesehatan mata anda dalam mengemudi

Jika anda merasa sudah mengalami kesulitan dalam melihat keadaan di depan selama perjalanan malam, saatnya anda memeriksakan mata anda. Menurut nsc.org, seorang pengendara berumur 50 tahun akan membutuhkan lampu 2 kali lebih terang dibandingkan pengemudi berusia 30 tahun. Untuk itu, semakin umur anda bertambah, semakin anda akan mengalami kesulitan dalam melakukan perjalanan malam. Untuk itu, periksalah kesehatan mata anda secara berkala ke dokter mata terdekat.

2. Redupkan lampu dashboard anda

Lampu dashboard yang terang akan mengganggu penglihatan

Dengan dashboard yang terlalu terang, akan membuat anda kesulitan dalam melihat jalan. Dalam beberapa penelitian, disebutkan bahwa dashboard yang terlalu terang akan menghalangi anda untuk melihat ke dapan. Jadi, sebelum melakukan perjalanan malam, jangan lupa untuk mengatur terangnya dashboard anda untuk perjalanan yang lebih nyaman.

Baca Juga:  7 Tips Membeli Mobil Bekas Taksi Murah dan Terbaik

3. Kurangi kecepatan

Jalan yang gelap serta sinar yang terbatas dari lampu depan anda akan mempengaruhi kemampuan anda untuk melihat ke depan. Selain itu, jarak pandang yang terbatas akan membuat anda tidak bisa bereaksi dengan cepat dibandingkan anda mengemudi dalam siang hari. Untuk itu, kurangi kecepatan anda.

Sebisa mungkin, kurangi kecepatan

Anda mungkin merasa jalan yang dilalui akan bersih dan tidak ada mobil yang lewat, akan tetapi binatang yang tiba-tiba melompat dari kegelapan bisa mengejutkan anda dalam mengemudi. Anda pasti setidaknya pernah merasakan bagaimana terkejutnya ketika ada sesuatu yang tiba-tiba melompat ke depan anda, baik malam maupun siang hari. Untuk menghindari kecelakaan, selalu pertimbangkan untuk memperlambat laju kendaraan anda.

4. Pastikan lampu depan anda sudah di atur dengan pas

Lampu depan merupakan penolong paling besar dalam perjalanan malam anda. Jangan lupa, tidak selamanya jalanan mempunyai lampu jalan yang bisa menerangi. Terkadang, lampu depan anda merupakan satu-satunya yang harus anda andalkan dalam menerobos kegelapan malam bersama mobil anda.

Baca Juga:  Mesin Diesel Modern "Dipaksa" Minum B100, Apa Efeknya?

Atur lampu depan anda

Untuk itu, pasti lampu depan anda sudah diatur sedemikian rupa agar pas menyinari. Demi lampu yang terang, jangan lupa untuk membersihkan lampu depan anda secara berkala. Anda bisa melihat perawatan yang bisa diberikan kepada lampu depan anda pada artikel CintaMobil sebelumnya.

5. Sebisa mungkin, hindari berkendara dalam keadaan hujan

Mengendarai mobil di malam hari saja sudah merupakan pengalaman yang harus dihindari, apalagi mengemudi dalam keadaan turunnya hujan. Jika ketika keadaan masih bersih, lampu kendaraan bisa menyinari sampai 6 km ke depan, berkendara di waktu hujan akan mengurangi lebih dari setengah penglihatan anda.

Jangan pernah berkendara malam diwaktu hujan

Dengan penglihatan yang semakin berkurang, kemampuan anda untuk bereaksi dalam keadaan bahaya juga akan semakin berkurang. Untuk itu, sebisa mungkin hindari melakukan perjalanan malam ketika sedang turun hujan. Akan tetapi ketika anda masih memaksa, cobalah untuk berkendara 2 kali lebih lambat dibandingkan anda berkendara biasanya ketika malam hari.

Baca Juga:  Tarif Pembuatan SIM, STNK dan BPKB Terbaru Tahun 2017

Jika masih bisa dihindari, sebaiknya anda menghindari untuk melakukan perjalanan di malam hari. Akan tetapi, jika keadaan tersebut tidak bisa dihindari lagi, lebih baik lakukan proteksi yang bisa membuat anda nyaman berkendara di malam hari. Selalu fikirkan keselamatan anda, penumpang dan orang lain. Keep safety riding, guys!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *