Persiapan Mudik? Inilah 10 Bagian Mobil Yang Perlu Dicek Sebelum Mudik

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/06/04/Ay6TmsFs/g3-e693.jpg”>

Selain menggunakan transportasi umum, kebanyakan masyarakat Indonesia menggunakan kendaraan pribadi untuk mudik. Bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi, khususnya mobil, merawat mobil dan melakukan pengecekan menjadi salah satu persiapan paling penting sebelum berkendara. Berikut 10 bagian mobil yang perlu dicek sebelum mudik:

1. Oli mobil

Bagi setiap mobil, oli merupakan pelumas yang mampu menjaga kestabilan semua komponen mesin. Mulai dari oli mesin, oli transmisi, dan oli gardan menjadi komponen perawatan dan performa mesin mobil. Selalu cek keadaan oli mobil, apalagi ketika Anda akan melakukan perjalanan jarak jauh.

2. Filter oli dan AC

Pastikan filter oli masih bagus dan tidak kotor

Bukan hanya oli mobil yang harus diganti, filter oli juga harus diganti secara berkala untuk memaksimalkan performa dan kinerja mesin. Selain itu, filter AC yang bertugas menyaring udara kotor untuk didistribusikan ke dalam kabin juga membutuhkan perhatian yang serius.

3. Filter udara

Berbeda dengan filter AC, filter udara harus dibersihkan untuk mempertahankan performa mesin. Filter udara yang sudah kotor akan membuat mobil menjadi lebih boros, suara mesin lebih kasar, serta tarikan mesin yang berkurang.

Baca Juga:  Berapa Banyak Bahan Bakar yang Bisa Disimpan dengan Sistem Start Stop?

4. Rem mobil

Rem merupakan sistem keamanan mobil paling utama. Sebagai perangkat vital dalam berkendara, Anda sebaiknya memperhatikan bagaimana rem Anda bekerja dan komponen pembantunya. Mulai dari tekanan rem hingga minyak rem. Minyak rem yang kotor atau sudah aus dapat menurunkan fungsi kerja rem.

5. Sistem kelistrikan mobil

Ini panduan dasar sistem kelistrikan mobil yang perlu Anda ketahui

Sistem kelistrikan mobil meliputi aki dan ketersedian air aki pada kendaraan Anda. Terlebih ketika Anda ingin berkendara di malam hari, selalu pastikan aki berada dalam keadaan baik untuk meminimalisir gangguan yang bisa Anda terima, misalnya lampu depan yang mati atau kendaraan yang tidak bisa di starter.

6. Sistem lampu mobil

Sejalan dengan sistem kelistrikan mobil, periksa juga sistem penerangan, terlebih lampu depan mobil. Bagi pemudik yang berkendara sampai malam, lampu depan merupakan komponen penting yang membantu pengendaraan. Selain lampu depan, lampu sein juga memiliki fungsi penting untuk keselamatan berkendara.

7. Shock

Kondisi jalan Indonesia yang tidak selalu mulus berdampak pada shock atau shock absorber yang harus bekerja lebih keras untuk memberikan kenyamanan bagi Anda dalam meredam guncangan selama perjalanan. Karena itu, memeriksa dan memastikan shock absorber bekerja dengan sempurna merupakan persiapan terbaik untuk berkendara mudik dengan nyaman.

Baca Juga:  Bagaimana Mengetahui Kapan Ban Mobil Perlu Diganti

Untuk lebih jelasnya, ini akibatnya jika Anda menggunakan shock absorber yang sudah usang

8. Air radiator

Peran vital air radiator sangat terasa terhadap sistem pendinginan mesin. Air radiator berfungsi untuk memberikan kesejukan bagi mesin yang bekerja keras selama perjalanan. Kurangnya air radiator bisa membuat mobil menjadi lebih cepat panas dan overheat, apalagi saat Anda berkendara dengan jarak yang lumayan jauh di siang hari yang panas.

9. Tekanan angin ban

Tekanan angin yang pas setara dengan efisiensi bahan bakar kendaraan Anda. Selain membantu pengendaraan, ban dengan tekanan angin yang pas mampu membantu jarak pengereman dan menciptakan kestabilan mengemudi pada kecepatan tinggi maupun ketika berkendara melewati tikungan.

10. Wiper

Wiper mobil sangat berguna untuk berkendara ketika hujan

Meski terdengar sepele, wiper berfungsi untuk memberikan visibilitas tinggi ketika Anda berkendara di bawah guyuran hujan yang lebat. Pastikan keadaan wiper berfungsi dengan baik. Bukan hanya untuk membersihkan air hujan, wiper juga berfungsi untuk membersihkan jendela Anda dari kotoran dan debu yang menghalangi Anda selama mudik.

Baca Juga:  5 Tips Penting untuk Perjalanan Jauh yang Tidak Melelahkan

Selain bagian mobil yang perlu dicek sebelum mudik di atas, pastikan semua komponen kendaraan yang Anda miliki bekerja dengan baik untuk menghindari kejadian tidak mengenakan yang mungkin terjadi selama perjalanan. Lebih lanjut, persiapkan fisik dan mental Anda untuk berkendara jarak jauh. Keep safety riding, guys!

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *