Perlukah Menginjak Rem Kaki Mobil Dengan Kaki Kiri

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/02/08/djfRYNBK/menginjakrem-c96b-1479.jpg”>

Berbeda ketika anda beralih ke mobil dengan transmisi otomatis

Namun semua itu akan berbeda ketika anda beralih ke mobil dengan transmisi otomatis. Mobil transmisi otomatis hanya mempunyai pedal rem dan gas. Karena kebiasaan membawa mobil dengan transmisi manual, maka secara tidak sadar kaki kiri digunakan untuk menginjak rem. Kebiasaan seperti ini sangatlah tidak baik, mengapa demikian? cintamobil.com akan menjelaskan dibawah ini.

1. Mobil akan melaju secara mendadak dan berpotensi terjadi kecelakaan

Sering terjadi kecelakaan yang diakibatkan ketidaktahuan pengemudi dalam mengemudi mobil transmisi otomatis. Ini terjadi akibat ketika kaki kiri menginjak pedal rem dan kaki kanan menginjak pedal gas, secara tidak sadar pengemudi melepas injakan rem ketika sedang menginjak pedal gas, sehingga tak ayal mobil langsung melaju dan berpotensi menyebabkan kecelakaan.

Baca Juga:  Tiga MPV Terbaik Di Bawah 300 Juta Rupiah

2. Pengereman menjadi terasa mendadak yang juga berpotensi menyebabkan kecelakaan

Pedal rem dan pedal gas pada mobil matic

Karena kaki kiri dibiasakan untuk menginjak pedal kopling begitu dalam, maka ketika menginjak pedal rem dengan kaki kiri, tekanan kaki yang diberikan juga kuat sehingga berpotensi membuat pengereman terasa mendadak. Apalagi ketika berada dikeramaian, mobil yang direm mendadak membuat pengemudi dibelakang terkejut dan tidak sempat menginjak rem, alhasil terjadi tabrakan.

3. Gearbox akan cepat rusak

Teknik menginjak rem yang benar

Ketika kaki kiri digunakan untuk melepas pedal rem perlahan sambil menginjak pedal gas, maka potensi kerusakan semakin cepat dikarenakan mobil ditahan untuk melaju padahal pedal gas sudah diinjak sehingga gearbox pada mobil bisa jebol.

Baca Juga:  Kenali Penyebab Oli Mesin Rembes dan Cara Mengatasinya

Setelah melihat penjelasan di atas, cintamobil.com menyarankan agar menginjak rem dengan kaki kanan karena saa tanda dilatih menggunakan mobil bertransmisi manual, anda menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal rem dan pedal gas secara bergantian. Bagi anda yang harus beralih ke mobil bertansmisi manual, kami sarankan kaki kiri tidak perlu digunakan, cukup menggunakan kaki kanan untuk menginjak pedal rem dan pedal gas secara bergantian.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  [INFOGRAFIK] Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Perbedaan SUV dan Crossover

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *