Perhatikan Cara Mengemudi untuk Zona Selamat Sekolah

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/03/12/Ay6TmsFs/a6-dc08.jpg”>

Zona sekolah dipasang untuk memastikan keamanan anak-anak di dalam dan sekitar sekolah. Pengemudi bertanggung jawab untuk menjaga keselamatan dan kesadaran di jalan-jalan di sekitar sekolah. Pengemudi hendaknya mengenal peraturan untuk zona selamat sekolah untuk menghindari kecelakaan yang membahayakan.

1. Kenali zona sekolah

Kenali zona selamat sekolah di jalan

Entah karena mengantuk atau saat mengemudi di sore hari, beberapa pengemudi terganggu dengan telepon seluler sehingga menembus zona sekolah tanpa sadar. Anda harus menyadari zona sekolah: rambu-rambu dan peringatan yang ada di depan zona sekolah. Semua itu ada untuk memastikan pengemudi menyadari adanya zona sekolah dan mulai memperlambat.

2. Kurangi kecepatan ketika Anda melalui zona sekolah

Kurangi kecepatan pada zona selamat sekolah

Tanda peringatan yang ada pada zona sekolah sering termasuk pada tanda batas kecepatan. Bergantung pada jenis jalan di zona sekolah, batas keepatan ini bisa sampai 25–40 km/jam. Apapun itu, batas kecepatan di zona sekolah akan jauh lebih rendah daripada area lain di jalan yang sama. Perhatikan rambu-rambu untuk mengurangi kecepatan Anda dengan aman tanpa pengereman mendadak.

Baca Juga:  Tips Mengambil Foto Mobil yang Keren Buat Eksis di Media Sosial

3. Perhatikan zona sekolah, terlebih ketika waktu masuk dan keluar sekolah

Melambat di zona selamat sekolah ketika pagi dan siang hari

Terutama pada pukul tujuh sampai sembilan pagi serta pukul 12 sampai 2 siang, inilah lalu lintas di depan sekolah menjadi paling sibuk dengan banyaknya anak-anak dan kendaraan yang berhenti. Orang tua yang menjemput dan mengantarkan anak mereka biasanya berhenti di depan sekolah.

4. Sadar akan konsentrasi penyebrangan yang tinggi di depan zona sekolah

Zona selama sekolah sering dilintasi siswa dan orang tua

Beberapa jalan setapak dapat diposisikan di zona sekolah untuk memudahkan orang tua dan siswa berjalan dari dan ke lingkungan sekitar sekolah. Terlebih jika Anda melintasi jalanan di depan TK atau SD dengan banyak anak-anak yang berlalu lalang ketika jam keluar sekolah.

5. Patuhi petugas lalu lintas atau satpam

Rambu-rambu yang ada pada zona selamat sekolah

Baca Juga:  Mobil Sedan Terbaik Tahun 2000-an: Kemewahan di Bawah Rp100 Juta

Zona sekolah biasanya sudah dilengkapi dengan petugas lalu lintas atau satpam yang memiliki wewenang hukum untuk menghentikan lalu lintas agar siswa dan orang tua bisa menyeberang dengan aman. Bahkan, petugas polisi sering berada di depan sekolah pagi hari untuk memastikan keselamatan orang tua dan anak-anak yang melintas di jalan.

6. Perhatikan bus sekolah

Perhatikan bus sekolah sepanjang zona selamat sekolah

Tak jarang, sekolah memiliki bus atau mobil sekolah yang bertugas untuk mengantar dan menjemput murid. Biasanya, bus tersebut memang mengisi jalanan di zona sekolah saat pagi atau siang hari. Karena itu, perhatikan untuk bus sekolah yang biasanya berhanti di depan zona sekolah.

7. Denda yang besar

Berhati-hati dan hindari melanggar peraturan untuk menghindari tilang

Sadarilah bahwa sebagian besar kota mengenakan denda yang berat jika melanggar undang-undang lalu lintas di zona sekolah. Selain itu. Jika Anda menalami kecelakaan di depan zona sekolah, besar kemungkinan Anda akan mendapatkan masalah yang besar pada jalur hukum.

Baca Juga:  Sering Menggunakan Roof Rack? Simak Tips Merawat Roof Rack Untuk Cegah Karat

Memperhatikan peraturan untuk zona selamat sekolah bisa membuat Anda lebih berhati-hati jika mengemudi di depan zona sekolah. Cobalah untuk fokus dan memperlambat kendaraan ketika menyeberangi zona selamat sekolah.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *