Peralatan untuk Garasi: Pastikan Anda Memiliki 8 Alat ini di Garasi Anda

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/06/21/Ay6TmsFs/a7-82e4.jpg”>

Meskipun memiliki sebuah garasi tidak lagi menjadi bagian esensial dalam kehidupan pemilik mobil dewasa ini, kehadiran sebuah tempat yang bisa digunakan untuk ‘pertolongan pertama pada kendaraan’ tentu saja membantu Anda dalam merawat kendaraan. Dan bagi Anda yang memiliki sebuah garasi di rumah, berikut beberapa peralatan untuk garasi yang sebaiknya Anda penuhi.

1. Sarung tangan kerja

Gunakan selalu sarung tangan ketika sedang bekerja untuk menghindari masalah

Anda tidak harus menjadi seorang teknisi profesional untuk menggunakan sarung tangan kerja ketika sedang memperbaiki kendaraan. Sarung tangan berguna untuk melindungi tangan Anda dari semua bahaya yang ditimbulkan oleh penanganan yang salah hingga keteledoran dalam bekerja. Selalu utamakan keselamatan dan pencegahan dalam bekerja.

2. Pemadam api

Tak lupa, sediakan pemadam api untuk berjaga-jaga

Ketika Anda berada di dalam ruang tertutup dengan sejumlah bahan yang bisa meledak, Anda membutuhkan sebuah alat pemadam kebakaran atau fire extinguisher untuk berjaga-jaga. Cairan yang mudah meledak seperti bensin, sumber energi listrik yang kuat (baterai mobil), hingga komponen-komponen kendaraan yang mudah terbakar seringkali hanya membutuhkan percikan api kecil untuk memicu terjadinya kebakaran besar.

3. Obat-obatan pertolongan pertama

Selalu sediakan kotak P3K di dalam garasi atau rumah Anda

Baca Juga:  Antisipasi Keadaan Darurat, Siapkan Barang-Barang Berikut!

Bagi teknisi atau Anda yang ingin memperbaiki kendaraan di garasi, banyak sisi-sisi tajam dari komponen-komponen kendaraan serta permukaan panas yang membahayakan. Tak jarang, kecelakaan bisa saja terjadi. Karena itu, mempersiapkan perban, antiseptik, serta obat merah bisa sangat membantu untuk meringankan luka-luka yang mungkin terjadi ketika Anda memperbaiki kendaraan Anda.

4. Torque Wrench (disebut juga dengan kunci momen)

Bentuk kunci momen yang memiliki banyak fungsi dalam perbaikan kendaraan

Komponen kendaraan seringkali berhubungan dengan mur dan baut yang harus dilepaskan atau dikencangkan. Sebuah torque wrench atau biasa disebut dengan kunci momen merupakan pilihan yang tepat dan efisien untuk garasi Anda. Berfungsi sebagai pengukur kekencangan dan melepaskan mur pada mesin, kunci momen merupakan alat yang sering dipakai oleh profesional.

5. Dongkrak

Dongkrak merupakan peralatan perawatan yang dibutuhkan oleh mobil

Tak jarang, ban merupakan komponen kendaraan yang seringkali bermasalah. Karena itu, Anda setidaknya harus memiliki sebuah dongkrak atau jack stand di dalam garasi Anda. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk membawa dongkrak dalam kendaraan Anda untuk mengantisipasi masalah pada ban, terlebih ketika Anda akan berkendara jarak jauh.

6. Kompresor udara

Tak perlu kompresor besar yang ditemukan di bengkel atau tambal ban, kompresor kecil saja sudah cukup

Baca Juga:  Kenali Kode Pada Tutup Radiator Agar Terhindar Dari Overheat

Meskipun hanya sedikit, bahkan jarang ditemukan di garasi di rumah-rumah di Indonesia, sebuah kompresor udara menjadi komponen penting dalam perawatan kendaraan, khususnya ban. Jangan harap Anda bisa menggunakan pompa untuk ban mobil. Karena tekanan yang lebih berat dibandingkan motor, kompresor udara merupakan pilihan paling logis untuk mengecek tekanan udara dan memompa ban mobil Anda.

7. Lampu serta penerangan

Pastikan garasi Anda memiliki penerangan yang pas ketika sedang bekerja

Jangan sampai Anda meraba-raba di dalam garasi Anda. Apalagi ketika Anda sedang memperbaiki kendaraan, mur, baut, kabel, hingga sekrup akan menjadi barang-barang kecil yang memiliki kemampuan layaknya ninja yang bisa menyembunyikan diri. Pastikan garasi Anda memiliki penerangan yang cukup. Patut dipertimbangkan, bahwa cahaya yang pas akan membantu proses teknis yang sukses.

8. Kotak penyimpanan

Pastikan garasi Anda tertata dengan rapi, begitu pula peralatan di dalamnya

Jika Anda bekerja untuk memperbaiki atau setidaknya merawat mobil, Anda akan mengumpulkan barang, alat, dan komponen-komponen kecil yang mudah tercecer. Pastikan alat dan perkakas kendaraan Anda terorganisir dengan menggunakan sebuah kontak penyimpanan. Jangan biarkan uang Anda selalu habis untuk membeli perkakas yang hilang entah kemana ketika Anda tidak merapikan peralatan Anda setelah mengerjakan sebuah mobil.

Baca Juga:  3 Hal Membingunkan Tentang Airbag, Ini Jawabannya

Kehadiran garasi memang menguntungkan. Selain sebagai tempat untuk memarkirkan kendaraan, Anda bisa bereksperimen dan memperbaiki masalah kecil yang terjadi pada mobil. Jika Anda memiliki garasi di rumah, pastikan semua komponen dan perkakas yang Anda miliki tertata dengan rapi. Selain itu, selalu rapikan semua peralatan untuk garasi agar Anda tidak repot mencari ketika membutuhkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *