Mobil  

Pentingnya Memilih Oli Mesin yang Tepat, Kenapa Masih Banyak yang Asal?

tautekno.com – JAKARTA — Ada yang mengibaratkan oli mesin seperti darah pada manusia. Jika aliran darah lancar maka jantung akan bekerja dengan baik. Meski terdengar sedikit ekstrem namun hal itu menunjukkan bagaimana pentingnya fungsi oli alias pelumas bagi mesin kendaraan Anda. Alhasil, memilih pelumas yang benar dan tepat jadi jawabannya.

Tapi kenapa masih banyak yang asal? Salah satu penyebabnya adalah ketidakahuan. Maklum oli mesin hadir dalam beragam pilihan jenis dan tipe. Belum lagi soal harga, mulai dari yang murah sampai mahal. Sebagai pemilik mobil, Anda jangan sampai salah memilih oli mesin karena bisa beresiko terhadap performa dan kesehatan mobil.

“Oli mesin memiliki fungsi utama untuk lLubricating (melumasi), protecting (melindungi), cleaning (membersihkan), cooling (mendinginkan),” kata Spareparts Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales, Christiana Yuwantie, melalui keterangan resminya.

“Fungsi lainnya adalah menambah performa, merapatkan celah antara piston dengan silinder, peredam getaran dan suara, sebagai anti karat, mengurangi gesekan antar komponen, dan mempengaruhi usia pakai kendaraan. Dengan ragam fungsi ini, oli harus benar-benar memilih yang tepat dan sesuai kebutuhan mesin,” tambah Christiana Yuwantie.

Dengan pentingnya fungsi oli, tentunya harus dipilih sesuai dengan peruntukannya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih oli mesin yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan mesin mobil.

Baca Juga:  BMW Siap Luncurkan Mobil Listrik di 2022, Apa Saja?

Untuk mengetahui spesifikasi oli mesin yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan, pemilik ,mobil dapat melihat pada buku manual terkait rekomendasi penggunaan oli mesin. Di buku manual serta konsultasi dengan bengkel resmi, pemilik mobil dapat mengetahui jenis dan spesifikasi pelumas dengan standar rekomendasi pabrik yang sesuai..

Setiap merek yang menawarkan produk oli mesin harus mengantongi izin atau sertifikasi dengan standar terbaik. Beberapa badan yang mengeluarkan sertifikasi pelumas kendaraan antara lain API, ACEA, ILSAC, SAE, dan JASO. Ecstar sebagai oli resmi dari Suzuki sudah mengantongi sertifikasi API Service hingga tingkat SN yang merupakan standar kualitas pelumas yang diakui oleh API (American Petroleum Standard).

Kekentalan oli mesin dapat menunjukkan seberapa mudah oli mengalir hingga melapisi bagian komponen mesin. Kekentalan pelumas diidentifikasi oleh SAE (Society of Automotive Engineer), dan biasanya kode yang diakhiri dengan huruf W pada nama oli dengan angka yang berbeda-beda menunjukkan tingkat kekentalan pelumas.

Kode huruf W adalah singkatan dari Winter yang digunakan sebagai acuan bahwa oli mengalir dari kondisi dingin. Sedangkan perbedaan angka menunjukkan perbedaan spesifikasi dan peruntukan mesinnya.

Baca Juga:  Hyundai Serahkan 393 Mobil Listrik Untuk KTT G20, Ada Edisi Khususnya

Tingkat kekentalan oli mesin pun terbagi menjadi encer, sedang, dan kental. Kekentalan oli yang rendah atau encer membuat oli lebih mudah mengalir untuk melumasi sehingga dapat melindungi komponen mesin pada saat suhu rendah, sedangkan kekentalan oli yang tinggi biasanya akan lebih baik dalam mempertahankan kinerja pelumas pada saat suhu mesin tinggi.

Sejak diperkenalkan pada Februari 2020 lalu, pelumas atau oli Suzuki Escstar mendapatkan respon positif di pasar otomotif. Oli Suzuki Ecstar hadir dalam beberapa pilihan varian yang diperuntukan untuk sepeda motor dan mobil. Namun sesuai permintaan pasar lainnya, pihaknya turut menghadirkan pelumas khusus mesin tempel kapal.

Catatan positif turut disumbangkan oleh tiga varian. Pertama varian 0W-20 SN bervolume 1L berada diposisi pertama yang paling laris di periode Februari 2020 – Mei 2021. Dimana pelumas khusus sepeda motor ini memberikan kontribusi sebanyak 17,5%.

Posisi selanjutnya, ECSTAR 10W-40 SL dengan volume 4L. Dimana pelumas atau oli yang cukup kental dan dihadirkan secara khusus bagi pengguna mobil Suzuki yang sudah mempunyai jarak tempuh yang tinggi ini menyumbang kontribusi penjualan sebesar 14,4%.

Baca Juga:  Wuling Ambil Hati Penggemar SUV Terbaik dengan Almaz

Sementara di posisi ketiga, ECSTAR 5W-30 SL yang memiliki volume kemasan sebesar 1L ini turut berkontribusi sebesar 10,5% dari total penjualan seluruh varian oli ECSTAR. Pelumas ini dihadirkan bagi pengguna sepeda motor Suzuki. (RAJU)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *