Pentingnya Membersihkan Saringan Udara Untuk Mesin Yang Lebih Stabil

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/01/03/Ay6TmsFs/c-b8a2.jpg”>

Banyak pengedara yang rutin memeriksa oli, ban, atau bagian interior mereka, namun seperti lupa memeriksa bagian penyaring udara. Cintamobil akan memberikan beberapa alasan pentingnya membersihkan penyaring udara untuk kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.

1. Fungsi dari Saringan Udara

Untuk setiap gallon bahan bakar yang dikonversi menjadi tenaga oleh mobil, mesin membutuhkan setara dengan 12.000 galon udara. Mobil membutuhkan udara yang banyak agar bisa berjalan, sedangkan udara tersebut harus disaring agar tetap bersih dan tidak membahayakan mesin.

Saringan udara berfungsi menyaring udara bersih untuk mesin

Saringan udara mesin bertugas untuk menangkap semua debu, kotoran, serangga, getah, daun atau apapun yang mungkin tersedot dan melewati saluran udara dari grill depan menuju mesin. Tanpa penyaring udara, semua benda-benda asing tersebut bisa mengkontaminasi mesin, sehingga membuat korosi dan abrasi yang membahayakan mesin.

2. Pentingnya membersihkan saringan udara

Filter udara bersih memungkinkan rasio udara yang tepat untuk bahan bakar agar mesin berfungsi dengan benar. Tanpa tingkat pembakaran yang tepat, kendaraan tidak dapat bekerja dengan baik atau efisien dan mesin dapat membakar lebih banyak gas. Saringan yang kotor akan membuat mesin menjadi lambat atau merampas tenaga yang dikeluarkan mesin.

Baca Juga:  Mengenal Teknologi Sistem Pengereman Pada Mobil

Saringan udara yang kotor menyebabkan bahan bakar boros

Campuran udara bersih dengan bensin akan menghasilkan MPG yang lebih tinggi. Hal ini akan menambah efisiensi bahan bakar sehingga mobil bisa memaksimalkan bahan bakar yang dibutuhkan. Jika saringan udara kotor, maka akan menyumbat udara yang masuk. Hal ini tentu saja membuat MPG lebih rendah dan biaya yang lebih banyak untuk bahan bakar.

3. Kenapa mengganti saringan udara yang sudah tua?

Mengganti saringan udara yang tua bisa menjadi rutinitas dalam perawatan mobil bulanan. Namun, pengemudi bisa mengganti sendiri saringan udara di rumah jika saringan udara sudah semakin mengkhawatirkan. Tapi butuh banyak hal yang harus diperhatikan sebelum mengganti saringan udara sendiri. Nama model dan ukuran mesin harus diperhatikan. Nomor komponen pabrik juga sangat dibutuhkan.

Baca Juga:  MPV Bergaya Station Wagon, Inilah Tips Lengkap Beli Honda Odyssey 2012 Bekas

Perhatikan beragam jenis saringan udara pada mobil

Pemilik mobil bisa pergi ke pusat suku cadang dan meminta filter yang tepat untuk mobil. Pergantian saringan udara biasanya direkomendasikan ditukar pada interval 20.000 sampai 25.000 km berjalan. Tapi jangan salah, kondisi mengemudi serta pengaruh cuaca dan udara juga membuat saringan udara menjadi lebih cepat tua. Perjalanan melewati jalanan berdebu dan pasir mengharuskan anda mengganti saringan udara lebih sering.

Perhatikan pentingnya saringan udara pada mobil dalam video berikut

Beberapa mobil tidak begitu mudah dibuka untuk mengganti saringan udaranya. Mobil Eropa atau mobil mewah biasanya mempunyai bagian dalam yang seikit lebih kompleks dibandingkan mobil lain. Jadi, jika anda tidak begitu memahami tentang semua hal yang berhubungan dengan saringan udara dan mesin, pentingnya mengganti saringan udara mengharuskan anda mengeluarkan sedikit biaya untuk menggantinya.

Baca Juga:  Berikut Tips Do & Don’t Selama Perjalanan Mudik

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *