Mobil  

Penjualan Ritel Naik 36,2 Persen di Agustus, Daihatsu Siapkan Terios Baru

tautekno.com – JAKARTA — Dukungan pemerintah lewat relaksasi pajak PPnBM mendorong penjualan otomotif nasional yang terus mengalami peningkatan secara bertahap. Sepanjang periode Januari – Agustus 2021, total volume market nasional untuk ritel mencapai sekitar 527 ribu unit. Sedangkan volume wholesales, yang mengalami peningkatan menjadi sekitar 543 ribu unit.

Salah satu pabrikan yang merasakan dampak positif adalah Daihatsu. Astra Daihatsu Motor mengumumkan raihan retail sales yang mencapai 89.601 unit, atau naik sebesar 36,2 persen dibandingkan periode yang sama tahun 2020 lalu. Peningkatan penjualan juga terjadi pada sisi wholesales Daihatsu sebanyak 98.519 unit, naik sebesar 69,9 persen dibandingkan periode serupa.

Selain catatan secara total, penjualan Daihatsu secara bulanan juga mengalami kenaikan dibandingkan bulan sebelumnya. Pada Agustus 2021, retail sales Daihatsu 12.199 unit, naik sebesar 20 persen dibandingkan Juli 2021 lalu, serta kenaikan wholesales pada periode yang sama sebanyak 14.408 unit, atau naik 55,2 persen dibandingkan bulan sebelumnya.

Sumbangan terbesar selama Januari-Agustus 2021 masih diberikan trio Gran Max Pick Up, Sigra, dan Terios. Masing-masing mencatat penjualan retail 24.316 unit (27,1 persen), 21.859 unit (24,4 persen) dan 12.413 unit (13,9 persen).

Baca Juga:  Pelaksanaan IIMS Hybrid 2022 Diundur Ke 31 Maret – 10 April 2022

“Penjualan Daihatsu hingga Agustus 2021 mencapai raihan yang cukup baik dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini tidak lepas dari dukungan pemerintah yang memberikan program relaksasi pajak untuk menggairahkan sektor industri otomotif,” kata Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) dalam keterangannya.

Guna mendorong penjualan, Daihatsu rencananya akan memberikan penyegaran pada Terios. Pengumuman ini disampaikan langsung PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dalam sebuah undangan yang diterima redaksi . Diungkapkan SUV ini akan hadir secara virtual, Jumat (17/9) mendatang, untuk membahas pengembangan Daihatsu Terios. Tentu ini memberikan tanda tanya, apa yang akan dihadirkan pihak Daihatsu?

Kehadiran Terios dengan pembaruan ini sudah diperkirakan. Tak lain karena saudara kembarnya Toyota Rush sudah lebih dulu mendapatkan penyegaran dengan kehadiran Rush GR Sport. Apalagi pembaruan terakhir ada di akhir 2017, juga dengan Rush, dimana ini termasuk perubahan besar terlihat dari desain dan teknologi yang digunakan.

Baca Juga:  Ini Dia Pacuan Baru Ken Block dari Audi, Mobil Listrik Bergaya Klasik untuk 'Electrikhana'

Belakangan beredar informasi ubahan yang akan didapatkan Terios. Salah satunya adalah penggunaan fitur Idling Start Stop system. Fitur ini memang tidak ada di model sebelumnya dan baru saat Rush GR Sport hadir, fitur ini diperkenalkan. Bisa disimpulkan tinggal tunggu waktu fitur ini akan diberikan pada Terios.

Fitur Idling start stop ini membuat mesin mati secara otomatis saat kendaraan berhenti di tengah kemacetan atau lampu merah. Tujuannya untuk menghemat bahan bakar dan juga membuat emisi gas buang semakin rendah. Ia melengkapi beberapa fitur yang ada di Terios saat ini, baik di sisi keselamatan maupun kenyamanan. Saat ini Terios memiliki fitur Hill Start Assist, Vehicle Stability Control, serta pengereman ABS EBD. Kemudian ada fitur around view monitor, enam speaker di seluruh kabin, immobilizer dan engine start stop.

Soal desain rasanya Terios akan tampil baru, meski takkan ada ubahan radikal. Sedangkan spesifikasi lainnya tetap sama dengan Rush seperti dimensi. Terios menawarkan ukuran panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm. Mesinnya menggunakan 2NR VE-DOHC Dual VVTi 1.496 cc yang menghasilkan tenaga 104 ps pada putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 136 Nm yang dipasangkan dengan pilihan transmisi manual dan otomatis.

Baca Juga:  Punya Pengisi Daya Cepat, Ini Bocoran Spesifikasi Hyundai Ioniq 5

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *