Pengiriman Ponsel Anjlok di Kuartal III-2022, Salah Satu Periode Terburuk

tautekno.com – Pasar smartphone global tampaknya belum menunjukkan peningkatan alias masih lesu menjelang akhir 2022. Setidaknya begitu menurut firma riset pasar smartphone Canalys dalam laporan terbarunya yang pekan ini.

Menurut mereka, pasar ponsel global di kuartal-III 2022 (Juli-September) menurun 9 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun lalu. Penurunan tersebut diklaim menjadi penurunan terburuk sejak periode yang sama pada 2014 lalu.

Amber Liu, analis dari Canalys mengatakan bahwa penurunan pasar kali ini disebabkan oleh kondisi ekonomi global yang sedang tidak baik-baik saja.

Karena kondisi tersebut, konsumen menunda untuk membeli smartphone atau barang elektronik baru lainnya demi menghemat uang.

“Perkembangan pasar smartphone sangat sensitif terhadap jumlah permintaan konsumen. Di saat yang sama, vendor smartphone juga menyesuaikan diri dengan kondisi pasar yang kurang baik,” ujar Amber, dikutip KompasTekno dari Canalys, Rabu (19/10/2022).

Amber melanjutkan bahwa pada kondisi pasar yang menurun seperti ini, vendor smartphone akan berupaya untuk menggelar berbagai promo supaya meningkatkan minat konsumen membeli smartphone baru.

Baca Juga:  Elon Musk 'Ajak Ribut' Apple dan Google, Masalah Apa Lagi?

Strategi promosi, diskon, dan lain sebagainya juga bisa dipakai untuk mencegah stok barang menumpuk di gudang dan terbengkalai begitu saja.

Sementara untuk produk baru yang bakal meluncur, Amber menjelaskan bahwa vendor smartphone bakal menerapkan strategi harga yang kompetitif, supaya konsumen tidak takut membeli ponsel baru.

Sanyam Chaurasia yang juga analis dari Canalys memprediksi bahwa kondisi pasar ponsel global di kuartal-IV 2022 mendatang kemungkinan akan sedikit lebih baik dari kuartal sebelumnya.

Hal ini disebabkan oleh adanya berbagai promo penjualan akhir tahun dari para vendor, yang bertepatan dengan momen liburan akhir tahun. Biasanya, momen seperti ini dipakai konsumen untuk membeli ponsel baru.

“Meski demikian, kami rasa terlalu cepat apabila kuartal-IV 2022 nanti menjadi titik balik di mana pasar ponsel global akan pulih sepenuhnya,” jelas Sanyam di kesempatan yang sama.

5 vendor smartphone teratas kuartal-III 2022

Selain angka penurunan pasar ponsel global di kuartal-III 2022, Canalys juga merilis lima vendor smartphone teratas untuk periode yang sama.

Baca Juga:  OnePlus Siapkan Smartphone Flagship Baru Dengan Harga Terjangkau

Posisi pertama masih dipegang oleh Samsung dengan pangsa masar (market share) mencapai 22 persen, meningkat 1 persen dibanding kuartal-III 2021.

Di bawah Samsung ada Apple yang memiliki pangsa pasar 18 persen, meningkat 3 persen dari periode yang sama tahun lalu.

Kemudian di posisi ketiga sampai kelima diduduki oleh Xiaomi, Oppo, dan Vivo yang masing-masing memiliki pangsa pasar 14, 10, dan 9 persen.

Selengkapnya, berikut daftar lima vendor ponsel teratas di kuartal-III 2022 versi Canalys:

PeringkatVendorPangsa Pasar Kuartal-III 2021Pangsa Pasar Kuartal-III 2022
1.Samsung21 persen22 persen
2.Apple15 persen18 persen
3.Xiaomi14 persen14 persen
4.Oppo11 persen10 persen
5.Vivo11 persen9 persen
6.Others (merek lain)28 persen27 persen
Total100 persen100 persen
Baca Juga:  iMessage, akan Hadir di Android?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website kompas.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *