Mobil  

Pastikan Sorot Lampu Kendaraan Dalam Posisi Yang Benar, Perhatikan Hal Ini

tautekno.com – JAKARTA – Saat berkendara malam hari kerap kali kita temui pengendara yang menggunakan lampu utama dengan arah sorot yang mengganggu kendaraan lain. Atau kemungkinan lain, pengendara tersebut tidak memperhatikan posisi lampu besar masih dalam kondisi menyala. Untuk mengurangi terjadinya hal tersebut, kita dapat memastikan kondisi lampu secara berkala agar tetap dalam kondisi baik dan tidak mengganggu pengendara lain.

Banyak dari pengendara mobil yang kurang memperhatikan dengan kondisi kendaraan yang mereka kendarai. Apalagi abai akan fungsi dari peranti kelengkapan dan keselamatan berkendara, khususnya pada komponen penerangan seperti lampu depan (headlamp). Selama lampunya dapat menyala (on), kerap arah sorot lampu tidak dipedulikan. Padahal, arah sorot lampu depan yang tidak pas dapat menyebabkan penglihatan dan kenyamanan pengemudi menjadi berkurang.

Salah satu cara untuk memastikan posisi lampu dalam posisi yang tepat dan tidak mengganggu pengguna kendaraan lain adalah sorotan lampu yang lurus. Selain itu pengendara juga dapat melakukan pengukuran ketinggian lampu secara mandiri, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya adalah mencari tembok untuk sasaran tembak arah lampu yang berfungsi sebagai acuan arah sorot lampu utama kendaraan.

Baca Juga:  3 Merk Kaca Film Mobil Terbaik 2017 Di Indonesia

Dinding tembok dan ruang cukup lega dipastikan mempermudah penyetelan arah cahaya. Apalagi dilakukan di tempat yang agak gelap sehingga cahaya lampu bisa dilihat lebih jelas. Jika sudah dapat lokasinya, dekatkan mobil ke tembok dan buat garis sebagai tanda sejajar dengan ketinggian lampu bagian atas. Setelah itu mobil dimundurkan kira-kira 10 meter sambil lampu dinyalakan. Idealnya batas atas sorot lampu harus mengenai garis tersebut.

Jika dilihat sudah memiliki arah yang tepat selanjutnya dapat diatur sesuai dengan arah yang dituju. Biasanya lokasi pengaturan berada di belakang lampu depan seperti yang terdapat pada Peugeot 3008 dan Peugeot 5008. Terdapat baut yang dikelilingi plastik berbentuk lingkaran hampir penuh. Untuk mengaturnya gunakan obeng kembang maupun kunci L sesuai buku panduan kendaraan.

Baca Juga:  Kualitas Keselamatan All New Honda Civic Dapat 5 Bintang ASEAN NCAP

Untuk lampu sebelah kanan, usahakan titik apinya lurus dengan posisi headlamp dan cenderung ke arah bawah atau jalan. Tujuannya untuk mencegah pengguna jalan yang berlawanan arah tidak silau. Sementara untuk sebelah kiri dapat diarahkan sedikit keluar, yaitu sekitar 5 derajat agar sorotan lampu lebih luas juga ke jalan.

Namun jika mengalami masalah lain pada arah sorot lampu utama, sebaiknya diatasi dengan sangat segera. Jika tidak dapat dilakukan secara mandiri, perbaikan pada lampu utama Apalagi caranya juga dapat dilakukan secara mandiri jika memang belum sempat mengunjungi bengkel resmi yang notabene dikerjakan oleh teknisi dan peralatan yang mendukung.

“Kenapa berbeda dengan yang sebelah kanan, hal ini ditujukan agar pengendara dapat melihat sisi jalan atau trotoar. Tentu selain arah depan. Jadi, pastikan setting sorot headlamp yang tepat agar nyaman dan aman berkendara,” kata Samsudin, After Sales Support PT Astra International – Peugeot. (ALVANDO/RAJU)

Baca Juga:  Menghadapi Musim Hujan, Honda CR-V Bekas Bisa Dilirik

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *