Panduan Proses Perpanjangan STNK

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/08/02/20170802101142-b1a4.jpg”>

Perpanjangan tahunan dan perpanjangan 5 tahunan

1. Perpanjangan Tahunan

Langsung pergi ke loket

Langkah pertama dalam proses perpanjangan STNK adalah pergi ke loket untuk minta formulir permohonan perpanjangan STNK. Setelah petugas memberikan Anda formulir, Anda mengisi formulir itu dengan lengkap.

Lampirkan formulir dan dokumen

Lampirkan dokumen

Bayar pajak kendaraan

Setelah menyerahkan formulir dan lampiran- lampirannya, Anda akan diberikan slip pembayaran pajak kendaraan tahunan. Anda melakukan pembayaran pajak di loket kasir. Kemudian Anda akan memperoleh slip untuk membuktikan pelunasan pembayaran pajak. Bukti tersebut untuk diserahkan ke loket selanjutnya untuk pengambilan STNK yang baru.

Tunggu STNK baru

Perpanjangan 5 tahun

2. Perpanjangan 5 Tahunan

Persyaratan untuk perpanjangan STNK 5 tahunan tidak jauh berbeda dengan perpanjangan STNK tahunan. Namun untuk perpanjangan STNK 5 tahunan Anda harus melakukan proses cek fisik pada kendaraan Anda.

Baca Juga:  Kelebihan Isuzu MU-X, Mobil Keluarga Nyaman Buat Dipakai Mudik

Cek fisik

Bawalah kendaraan Anda ke bagian cek fisik kendaraan, para petugas di sana sudah menunggu dan siap membantu Anda. Petugas akan mengeluarkan kertas yang ditempel ke nomor rangka dan nomor mesin kendaraan Anda, lalu digosok menggunakan pensil sampai nomornya muncul.

Proses perpanjangan STNK 5 tahun

Proses perpanjangan STNK

Setelah proses cek fisik selesai, proses selanjutnya sama dengan proses perpanjangan tahunan. Namun ada sedikit tambahan yaitu ketika Anda menerima STNK baru yang berlaku untuk 5 tahun ke depan, Anda juga akan diberi nomor antrian untuk ke loket pengambilan plat nomor kendaraan yang baru. Anda akan datang ke loket pembuatan plat nomor yang terpisah dari loket penerimaan STNK. Setelah menerima plat nomor tersebut maka selesai sudah proses perpanjangan STNK 5 tahunan Anda beserta penggantian plat nomornya.

Baca Juga:  Berapa Pajak Mobil Lamborghini Indonesia Setiap Tahunnya? Jangan Kaget Lihat Faktanya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *