Pahami Kesehatan Mobil Dengan Mendengar Bunyi-Bunyi Aneh

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/07/06/20170706145639-9cc1.jpg”>

Bunyi berdendung saat mengemudi

1. Bunyi berdendung

Pada saat roda berputar

Bunyi ini bisa mengindikasikan kondisi bearing roda mulai lemah karena aus atau kering karena ada kebocoran. Getarannya terdengar hingga kabin. Tapak ban yang tidak rata juga adalah salah satu penyebab menimbulkan bunyi berdendung itu.

Mendengar bunyi aneh saat mobil berdiam

Pada saat mobil diam

Dengung yang berubah sesuai putaran mesin, kemungkinan berasal dari dudukan mesin yang sudah lemah dan biasanya diiringi getaran. Rambatan getaran itu menimbulkan bunyi dengung.

Hati-hati dengan bunyi bergesek

2. Bunyi bergesek

Saat AC dihidupkan

Bunyi ini timbul hanya ketika AC dihidupkan. Kemungkinan bearing puli kompresor AC sudah lemah atau sekadar belt tensioner yang terganggu putarannya. Bunyi ini semakin terdengar ketika putaran mesin dinaikkan.

Baca Juga:  Tertarik Beli Mobil Baru Sisa Stok Dealer? Perhatikan Dulu 5 Hal Ini

Ketika kopling dioperasikan

Ada bunyi gesekan ketika pedal kopling tidak ditekan, sementara bunyi hilang saat pedal ditekan. Kemungkinan besar throw away bearing pada rumah kopling, atau lazim disebut dek laher sudah harus diganti.

Bunyi bergesek saat rem diinjak

Saat rem diinjak

Pada sepatu rem cakram, ada indikator tingkat keausannya. Berupa lempengan yang akan berbunyi ketika bergesek dengan cakram. Saat rem diinjak dan bunyi gesekan ini terdengar, artinya sepatu rem perlu diganti.

Bunyi berdecit berarti belt mobil mengalami masalah

3. Bunyi berdecit

Belt

Belt adalah komponen utama yang dituduhi ketika muncul bunyi berdecit dari ruang mesin. Belt yang mana? Saat setir diputar, berarti belt power steering. Sementara ketika AC dihidupkan belt kompresor AC yang longgar atau aus. Lantas, saat beban kelistrikan bertambah, seperti lampu, wiper atau hal lain dengan kelistrikan, asalnya dari belt alternator.

Baca Juga:  Mudik Jangan Lupa Istirahat, Inilah Daftar Lengkap Rest Area Tol Trans-Jawa Lebaran 2019

Belt mobil

Rem

Bunyi berdecit ketika rem diinjak maupun tidak diinjak, terutama pada rem tromol, bisa disebabkan adanya kotoran yang mengganggu kinerja pengurang laju ini. Sebaiknya dibersihkan.

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *