Nikmati Perjalanan Aman Mengemudi di Gunung dengan Tips ini

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2017/12/04/XlYbOKmo/b-74b1.jpg”>

Tim Cintamobil telah merangkum beberapa diantaranya, yaitu:

1. Pastikan rem, wiper, pemanas, dan simpem pembuangan dalam kondisi baik

Untuk melintasi pegunungan, teman akan menghadapi jalanan yang mendaki dan menurun. Untuk itu, mobil berada dalam keadaan sempurna untuk perjalanan. Apalagi untuk rem yang akan memberikan perlindungan terhadap penjalanan gunung anda. Rem blong lebih banyak mengakibatkan kecelakaan serius pada perjalanan mendaki dan menurun dibandingkan jalanan yang lurus.

Periksa kendaraan ketika akan melakukan perjalanan jauh

2. Jangan menuruni gunung tergesa-gesa

Take your time. Apalagi ketika teman sedang menuruni bukit. Jika tergesa-gesa, berat mobil akan membuat percepatan menjadi lebih besar dan memperbesar kemungkinan mobil tidak terkendali oleh rem. Karena itu, ingat untuk selalu memperlambat kendaraan ketika menuruni bukit.

3. Gunakan gigi rendah untuk mengemudi di gunung yang curam

Untuk perjalanan mendaki, gunakan gigi rendah. Menggunakan gigi tinggi bisa membuat mesin menjadi lebih cepat panas karena mobil menggunakan banyak tenaga untuk naik. Matikan AC jika mesin sudah terlalu panas. Jika teman ingin mendinginkan mesin, carilah tempat yang aman untuk berhenti di tepi jalan.

Baca Juga:  Perbandingan Kelebihan dan Kekurangan Mobil Listrik, Plug-in Hybrid, dan Hibrida

Untuk menambah pengetahuan tentang mengemudi di jalan tanjakan, silahkan menikmati video berikut ini

4. Jangan mengikuti garis batas tengah

Sebagian jalan gunung lebih sempit dibandingkan jalanan perkotaan biasa. Beberapa pengemudi memiliki kecenderungan untuk mengikuti garis tengah. Namun teknik ini sangat berbahaya dan mengganggu pengemudi lain. Jika teman mengambil jalan tengah dan bertemu dengan mobil lain dari arah berseberangan di tikungan, kedua mobil bisa menciptakan situasi yang berbahaya.

Jangan mengikuti garis tengah ketika menikung

5. Selalu ingat untuk memberikan jalan pada kendaraan yang mendaki

Selalu beri jalan kepada mobil yang mendaki, ketika teman sedang menurun. Ingatlah bahwa mendaki memerlukan tenaga yang tinggi dibandingkan menurun. Untuk itu, melambatlah dan dahulukan mobil yang sedang mendaki.

6. Jangan ragu untuk melambat

Melambat dengan alasan apapun, melihat pemandangan maupun karena jalan yang curam sangat diperbolehkan. Teapi ingat untuk berada di jalur sebelah kiri jika teman ingin melambat, dan berikan jalan kepada kendaraan lain yang ingin mendahului.

Baca Juga:  3 Mobil Dengan Harga Terbaik Di Tahun 2010

Berhati-hati dalam mengemudi di pegunungan

7. Bawa air minum ekstra

Dehidrasi dalam perjalanan mendaki dan menurun lebih berbahaya dibandingkan di jalanan lurus. Dehidrasi akan membuat pengemudi untuk mengantuk dan tidak fokus dalam perjalanan. Untuk itu, sediakan minuman di dalam mobil dan jangan ragu untuk minum selama perjalanan.

8. Perhatikan cuaca ketika berkendara

Sepertinya hal ini harus dilakukan ketika teman ingin melakukan perjalanan jauh. Terlebih ketika rute yang akan teman tempuh melewati daerah perbukitan. Karena cuaca yang dingin akan mengakibatkan jalanan berkabut. Terlebih jalanan curam yang licin karena hujan akan membuat perjalanan menjadi lebih menyusahkan.

Perhatikan cuaca untuk menghindari hujan dan kabut

9. Beristirahat secukupnya

Karena melakukan perjalanan di gunung bisa lebih melelahkan dibandingkan mengamudi di jalanan lurus, pertimbangkan untuk membatasi perjalanan hingga tidak lebih dari enam jam per hari.

Tips yang paling penting dalam mengemudi di gunung dan perbukitan adalah mengemudi dengan santai dan fokus. Banyak hal yang bisa teman lihat selama perjalanan yang tidak ada dalam kehidupan perkotaan sehari-hari. Untuk itu, nikmatilah perjalanan dan tetap lakukan safety riding.

Baca Juga:  Tanpa ABS, Begini Teknik Mengurangi Kecepatan Yang Aman Saat Musim Hujan

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *