Mobil  

Muncul Prediksi Tampang Avanza/Xenia Baru, Meluncur Tahun Depan?

tautekno.com – JAKARTA – Untuk kesekian kalinya kembali muncul sebuah gambar yang diyakini akan menjadi model terbaru dari Toyota Avanza dan Daihatsu Xenia. Ubahan desain kali ini terlihat semakin serius dan disebut akan menjadi model generasi baru untuk MPV kembar ini.

Gambar rekaan alias rendering yang beredar kali ini menunjukkan wajah Avanza/Xenia mengadopsi gaya desain yang dipakai oleh Raize dan Rocky. Disebut akan mengalami rombakan total, calon generasi baru ini juga diklaim akan memiliki dimensi yang membesar, agar ruang kabin lebih lega dan nyaman sebagai mobil keluarga.

Toyota Avanza maupun Xenia 2022 bakal menggunakan sasis monokok baru TNGA (Toyota New Global Architecture). Ini sejalan dengan pengembangan teknologi dan produk yang dilakukan Toyota. Jelas ini akan jadi ubahan besar. Model yang beredar sekarang ini, menggunakan unibody, perpaduan ladder frame.

Sebagai produk massal, penggunaan struktur itu bikin ringkas dalam berbagai hal. Misal, berkat pengaplikasian TNGA, secara substansial pabrikan dapat mengurangi jumlah dan variasi komponen kendaraan yang berbeda. Sehingga memungkinkan pengembangan dan produksi kian optimal dalam meningkatkan efisiensi. Juga menghemat waktu pengerjaan manufaktur.

Baca Juga:  Jeep Avenger Debut di Paris Motor Show 2022, Model Listrik Perdana

Perlu diketahui, kedua model bakal diproduksi di pabrik Astra Daihatsu Motor. TNGA atau DNGA hanya istilahnya saja yang beda. Namun secara umum konstruksi sama, berjenis monokok. Alasan lain penggunaan di Avanza dan Xenia, dapat mengubah cara pabrikan memproduksi kendaraan dan mengenalkan perbaikan paling mendasar di Toyota Production System (TPS), yang sesungguhnya kian efisien.

Dari sisi tahapan produksi. Manfaat jangka panjang dari TNGA atau DNGA sanggup menciptakan jalur produksi yang dapat disesuaikan dengan cepat. Juga mudah dalam memenuhi kebutuhan manufaktur berbeda. Sementara dari sisi produk, Toyota dan Daihatsu mampu menciptakan beragam model kendaraan plus standardisasi kualitas terjamin di semua sektor. Disertai standar mutu seragam. Sehingga desainer tetap memiliki kebebasan untuk memproduksi mobil yang secara visual berbeda, atraktif dan memikat. Serta memiliki daya tarik kuat sesuai masing-masing segmen.

Baca Juga:  GIIAS 2019: Ini Fitur Mewah dan Canggih Mitsubishi Eclipse Cross

Lantas apa impaknya bagi Avanza-Xenia 2022? Dipastikan dimensi tambah lapang. Di model eksis panjangnya sampai 4.200 mm, lebar 1.660 mm, tinggi 1.695 mm dan wheelbase 2.655 mm. Dengan formulasi baru yang berkaca dari DN Multisix, sang purwarupa LMPV. Ia memiliki dimensi tambah jembar, berukuran 4.310 mm x 1.720mm x 1,695 mm plus jarak sumbu roda 2.620 mm.

Kalau mau tak repot, mereka bisa mengambil platform dari Raize. Kemudian diregangkan untuk menambah jarak sumbu roda hingga 2.750 mm, misal saja. Bakal tambah praktis lagi kalau transmisi CVT dari Rocky turut diadopsi. Acap kali tatkala muncul “All-New”, ukuran jadi membesar. Diprediksi kuat dimensi sedikit bongsor dari DN Multisix. Kelak konsumen bisa menemukan kabin lapang di generasi terbaru. Tunggu saja tanggal mainnya.ANJAR LEKSANA / WH

Baca Juga:  BMW Sedang Siapkan Mobil Listrik Baru Kode Nama i7?

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *