Mudik ke Sumatera? Ini 3 Ruas Baru Tol Trans Sumatera yang Bisa Anda Nikmati

tautekno.com – g src=”https://img.cintamobil.com/resize/600x-/2018/06/09/Ay6TmsFs/t1-6b1d.jpg”>

Pembangunan ruas tol yang sudah dimaksimalkan selama bulan Mei lalu membuat persiapan ruas baru tol Trans Sumatera ‘kejar setoran’. Diambil dari berbagai sumber, PT Hutama Karya (persero) sudah memastikan tambahan tiga ruas Tol Trans Sumatera siap digunakan pada mudik Lebaran 2018 kali ini.

Tiga ruas tol baru yang bisa digunakan yaitu ruas Medan – Binjai, Palembang – Indralaya, serta Bakauheni – Terbanggi Besar. Data menunjukan panjang total tol tersebut mencapai 89.6 kilometer, terbagi menjadi 31.4 kilometer tol operasional dan 58.2 kilometer tol fungsional. Tambahan ruas baru ini membuat total Tol trans Sumatera fungsional sepanjang 127.06 km dan tol operasional 67.11 km.

Salah satu tol baru di Trans Sumatera, Tol Palembang – Indralaya

Direktur Utama PT Hutama Karya, Bintang Perbowo, mengungkapkan dua tol baru sudah dikenakan biaya untuk melintas, sedangkan tol Bakauheni – Terbanggi Besar tidak dikenakan biaya. “Untuk ruas Bakauheni-Terbanggi Besar yang terdiri dari jalur operasional mulai dari akses Pelabuhan Bakauheni ke Simpang Susun Bakauheni dan Simpang Susun Lematang menuju Simpang Susun Kotabaru, belum,”

Baca Juga:  Arus Mudik Padat, Ketahui Tips Aman Berkendara di Jalan Tol

Ruas Tol Bakauheni – Terbanggi Besar terbagi menjadi paket 1 untuk Pelabuhan Bakauheni – Sidomulyo dengan rincian 8.9 km tol operasional sedangkan 21.6 km sisanya dipakai secara fungsional. Paket 2 menghubungkan Lematang dan Kotabaru dengan 5 km tol operasional dan 30.48 km ruas tol fungsional. Ruas Kota Baru – Metro sepanjang 29 km, dan Metro dan Terbanggi Besar sepanjang 31.8 km digunakan secara fungsional.

Beberapa ruas tol Bakauheni menuju Terbanggi Besar masih fungsional

Sedangkan ruas tol Palembang – Indralaya terbagi menjadi ruas Palembang – Pamulutan sepanjang 7.75 km yang bisa digunakan secara operasional. Kemudian ruas Pamulutan – KTM sepanjang 4.9 km dan KTM – Indralaya sepanjang 9.28 km masih digunakan secara fungsional.

Baca Juga:  Awas Bahaya Jambret Mobil, Ini Tips Menghindarinya

Ruas tol tambahan terakhir yang bisa dipakai tahun ini ada Tol Medan – Binjai untuk ruas Helvetia – Semayang sepanjang 6.18 km dan Semayang – Binjai sepanjang 4.26 km sudah bisa dipakai secara operasional.

Ruas tol Binjai – Medan yang sudah diselesaikan

Untuk biaya, beberapa seksi ruas tol akan menerapkan biaya yang berbeda-beda. Contohnya ruas Palembang – Pemulutan dan Semayang – Helvetia sama-sama akan dikenakan biaya sebesar Rp. 6.000. Sedangkan untuk pemudik yang melewati Binjai dan Helvetia dan sebaliknya harus membayar biaya sebesar Rp. 10.500.

Tapi jangan takut, meskipun masih berstatus tol operasional, fasilitas yang ditawarkan pada 3 ruas baru tol Trans Sumatera sudah bersifat siap dan layak untuk digunakan. Beberapa fasilitas terbaru seperti musholla, toilet, serta fasilitas isi ulang elektronik bisa ditemukan di beberapa ruas tol tersebut.

Baca Juga:  Hati-Hati Menggunakan Aditif Bahan Bakar Karena Mesin Anda Jadi Taruhannya

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website cintamobil.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *