Mobil  

MODIFIKASI: Enggak Puas Standaran, Dodge Ram 3500 Dibikin Melar

tautekno.com – JAKARTA – Nama Dodge memang tidak familiar di telinga orang Indonesia. Karena kita lebih banyak terekspos oleh brand Jepang, Eropa dan pernah ada dua brand USA yang sekarang hilang dari peredaran pasar nasional. Tapi sebaiknya jangan liat brandnya, yang diliat adalah hasil modifikasi yang dilakukan.

Pikap single cab ini dari orisinilnya memang sudah ciamik. Memiliki postur macho karena bodinya bongsor, ground clearance tinggi. Dimensinya pun panjang dan lebar. Bagi penyuka motor trail, cocok buat menggendong motor penggaruk tanah itu.

Justru bawaan pabrik malah membuat seorang pria AS tak puas pada pikap Dodge Ram 3500 model tahun 1997 warna kuning standaran ini. Ia pun memodif mobilnya agar punya kesan istimewa dan unik. Ubahan yang dibikin memang nyentrik. Mobil malah dibikin melar, padahal bodi orisinilnya saja sudah membuat mobil susah diajak bermanuver. Tapi ya semua orang punya selera berbeda bukan?

Biasanya modif yang ditempuh untuk pikap macho seperti Dodge Ram itu mengaplikasi bull bar, velg besar atau memakaikan batangan besi pada bagian belakang. Dengan tujuan agar mobil terlihat lebih tangguh dan agresif. Ini malah dibuat lebih lebar sehingga terkesan gendut.

Baca Juga:  Oli Mesin Mobil Harus Sesuai Takaran, Ini Efeknya Jika Kebanyakan

Sang pemilik menilai Dodge Ram sebagai kuda beban sudah memenuhi standar sebagai mobil yang terlihat kokoh. Ia tak ingin memperkuat kesan itu, justru memilih agar mobilnya menjadi tambah nyaman dan terlihat mewah.

Pengerjaan modifikasi Dodge ini pun tidak sedikit. Butuh waktu 14.000 jam!. Usut punya usut, modif yang ditempuh bukan sekedar memelarkan bodi, tapi juga menyentuh pada bagian interior. Bagian kabinnya dibuat custom sehingga terkesan mewah dan memberikan sedikit sentuhan pada bagian suspensi serta ban.

Single cabin ini memang tidak dimodif untuk bermain lumpur. Cuma untuk bepergian keluar kota dengan jalanan aspal mulus, palingan masuk medan off-road ringan. Pemilik ingin mengejar level kemewahan, bukan memperkuat sisi tampilan dan performa.

Baca Juga:  Tips Blokir STNK Secara Mandiri, Ternyata Sangat Mudah

Interior dicustom

Semua jok dilapis bahan kulit berkualitas dan mahal. Konsol tengahnya diubah bisa dilipat sehingga bisa menjadi kursi tambahan di bagian depan. Sang pemilik tak mau menyebutkan merek dan harga kulit yang dipakai. Saking nyamannya, jok jadi terlihat seperti kasur yang sedap kalau ditiduri.

Bagian dashboard dilbuat ebih apik dan elegan. Terdapat pegangan glovebox ganda dan ruang penyimpanan di antara ventilasi AC di bagian sisi penumpang. Namun, tidak ada penambahan kemewahan di sistem infotainment. Sektor ini masih mengandalkan bawaan pabrik. Padahal, dengan memelarkan lebar bodi dari 2.385 mm (2,3m) menjadi 2,6 m (2.650 mm), ruangan yang ada bisa dimaksimalkan.

Untuk bagian mesin masih tetap sama, diesel 6 silinder segaris 12 valve 5.9 liter. Disalurkan ke roda belakang oleh transmisi manual Weller 5 percepatan. Jika mau main di medan off-road tinggal masukan ke mode 4×4. Lantas berapa modal yang harus dikeluarkan untuk memodif mobil ini? Kisaran US$ 32.000 atau sekitar 450-an juta. (EKA ZULKARNAIN)

Baca Juga:  Mobil Klasik Aston Martin DB5 James Bond Akhirnya Diproduksi

Sumber: thedrive.com dan ragam sumber

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *