Mobil  

Mitsubishi Xpander Rayakan Usia 4 Tahun, Jadi Pilihan Utama Konsumen Mobil Keluarga

tautekno.com – JAKARTA — Tak terasa Mitsubishi Xpander baru saja merayakan usianya yang ke-4 tahun. Pandemi Covid-19 membuat kita lupa jika low multi purpose vehicle alias LMPV kebanggaan Mitsubishi itu berulang tahun pada 10 Agustus lalu. Masih tergolong muda, tapi sudah banyak raihan sudah dicatatkan. Ia kini adalah salah satu pilihan utama para pencari mobil keluarga di Indonesia.

Resminya, Xpander diperkenalkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017. Ia langsung menjadi penantang utama Toyota Avanza yang sebelumnya tak pernah terusik sebagai mobil terlaris. Xpander bahkan beberapa kali mengambil alih tahta sebagai kendaraan dengan penjualan terbanyak di Tanah Air.

Tentunya bukan perkara gampang masuk ke segmen dengan pemain paling banyak dan juga diisi model yang selama ini cukup laris. Xpander datang dengan modal mumpuni. Mulai dari tampilan futuristik, bergaya SUV namun menyediakan kenyamanan sebuah MPV yang dibutuhkan konsumen.

Berdasar data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), total penjualan Mitsubishi Xpander dari awal kehadirannya sampai September 2021 lalu sudah mencapai angka 200 ribuan unit.

Khusus pada September lalu, Xpander dan sepupunya Xpander Cross, mampu menjaga pangsa pasar di segmen small MPV lebih dari 30 persen. Kedua model ini dilaporkan dalam satu laporan penjualan sebesar 3.398 unit. Angka ini setara 38 persen dari total penjualan Mitsubishi bulan lalu yang tercatat 8.930 unit.

Baca Juga:  Mengenal Perbedaan Aki Kering dan Aki Basah pada Mobil

“Sejak pertama kali hadir di pasar otomotif Indonesia, Mitsubishi Xpander telah menerima antusiasme dan permintaan yang luar biasa. Kehadiran Xpander di Indonesia pun telah menorehkan sejarah terhadap bisnis Mitsubishi di Indonesia. Sebagai wujud komitmen kami kepada masyarakat Indonesia, kami menyempurnakan fitur dan tampilan Xpander untuk memenuhi kebutuhan akan sebuah mobil keluarga,” ungkap Naoya Nakamura, Presiden Direktur PT MMKSI beberapa waktu lalu.

Tak hanya tampilan, Xpander punya beberapa keunggulan yang membuat ia banyak diminati. Xpander gampang dikenali dengan signature Dynamic Shield yang merupakan DNA Mitsubishi Motors Corporation dengan Dynamic Front Grille Design yang tangguh dan kokoh. Aura sporty ditampilkan lewat 16-inch Two Tone Alloy Wheel dan Shark Fin Type Antenna bagian belakang atap mobil.

Desain sporty juga diterapkan para desainer Mitsubishi untuk bagian kabin. New Beige Seat Pattern memberikan interior nyaman serta mewah untuk varian Ultimate dan Exceed, serta New Black Seat Pattern untuk interior sporty dan modern pada varian Sport. Anda dan anggota keluarga disuguhi kabin luas, senyap, dan dilengkapi 16 ruang penyimpanan multifungsi di semua sisinya.

Mobil ini membawa teknologi terdepan dan paling komplit di kelas Multi Purpose Vehicle (MPV). Ada banyak fitur unggulan yang dimiliki Mistubishi Xpander antara lain, Hill Start Assist (HSA) yang menjamin mobil tetap aman saat menanjak, Active Stability Control (ASC) yang mengendalikan mobil apabila mobil saat manuver mendadak, dan Cruise Control agar mobil melaju dengan kecepatan stabil, tanpa harus digas.

Baca Juga:  Toyota Yaris Generasi Baru Tertangkap Sedang Uji Jalan di Nurburgring

Selain itu, ada fitur rest reminder di panel MID Xpander Ultimate A/T. Fitur ini bertugas mengingatkan pengemudi untuk istirahat dalam waktu tertentu, ada juga kamera mundur atau kamera parkir untuk mengawasi sekitar saat ingin parkir.

Budi Dharmawan Daulay selaku Group Head of Regional Sales Marketing Division MMKSI mengatakan mulusnya penjualan Mitsubishi Xpander juga didorong insentif PPnBM 100 persen yang diberlakukan pemerintah. Semua varian Mitsubishi Xpander maupun Mitsubishi Xpander Cross mencatat kenaikan penjualan.

“Permintaan Mitsubishi Xpander meningkat dengan adanya insentif PPnBM. Naiknya penjualan Mitsubishi Xpander hingga 100 persen tidak cuma terjadi di Jabodetabek, tapi juga di beberapa daerah,” katanya.

Pandemi Covid-19 memang mengganggu penjualan otomotif nasional. Namun Xpander selalu membuat catatan apik sejak kehadirannya. Di tahun pertama, 2017, Xpander tercatat sudah terjual 11.890 unit. Tahun berikutnya, penjualan Mitsubishi Xpander selama Januari – Desember 2018 sebanyak 75.075 unit dengan pangsa pasar yang diraih lebih dari 28%. Kemudian di 2019, penjualan Xpander sedikit turun yaitu 62.666 unit. Namun kehadiran Xpander Cross yang terjual 4.071 unit, menjadikan total penjualan Xpander masih cukup masif.

Baca Juga:  Pilih Mana, Kredit Mobil Jakarta yang Murah atau Bekas?

Tahun lalu, 2020, meski pandemi Covid melanda, MMKSI meniagakan Xpander sebanyak 14.301 unit dan Xpander Cross 11.267 unit. Sedangkan di periode Januari – September 2021 ini, total penjualan Mitsubishi Xpander sudah lebih dari 38.000 unit. Catatan ini membuat duo Xpander dan Xpander Cross selalu jadi mobil terlaris Mitsubishi. (RAJU)

Harga Mitsubishi Xpander:

Harga Mitsubishi Xpander Cross:

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *