Mobil  

Mitsubishi Triton, Pajero Sport dan L300 Dominasi Pasar Kalimantan Timur

tautekno.com

Tiga mobil Mitsubishi berhasil mendominasi pasar di Kalimantan Timur. Penjualannya sepanjang Januari hingga April 2019 sangat positif. Inilah yang jadi penanda produk Mitsubishi diterima dengan baik, dan mampu memenuhi kebutuhan konsumen di provinsi itu.

Model Light Commercial Vehicle (LCV), Triton, menjadi yang paling diminati di segmennya. Dengan persentase 80 persen, Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), Agen Pemegang Merek otomotif berlambang tiga berlian itu, mampu menjual 265 sampai 270 unit per bulan.

Di sisi lain, L300 juga diminati dengan merebut 70 persen pangsa pasar. Tiap bulannya, sang pikap terjual secara retail dengan jumlah 52 hingga 55 unit. Produk ketiga Pajero Sport. SUV yang bersaing dengan Toyota Fortuner itu merebut 53 persen market share. Setidaknya model itu berhasil dilepas ke konsumen kurang lebih 25 unit per bulan.

Baca Juga:  GIIAS 2019: Ragam Pilihan Aksesoris Interior Mobil

“Pajero Sport sudah market leader di 2019 ini. Variannya bisa 50:50 dengan 4×4 Dakkar,” ucap Ilham Iranda Syahputra, Department Head of Sales and Dealer Management Region III PT MMKSI di Balikpapan, Selasa (18/06).

Kebanyakan konsumen yang membeli, datang dari kalangan fleet (pembelian borongan). Wajar saja, soalnya provinsi ini dikenal memiliki banyak industri tambang dan perkebunan kelapa sawit. Mereka tentunya membutuhkan kendaraan untuk kebutuhan operasional.

Hasil yang berbeda ditorehkan MPV andalannya, Xpander. Mitsubishi terus berupaya menggenjot penjualannya di daerah ini. Adapun perolehan Xpander pada Januari-April 2019 sebesar 21 persen atau tiap bulannya terjual 65 unit. Angka ini sebenarnya menurun bila dibandingkan dengan catatan sepanjang 2018. Pada periode itu, Xpander mengambil porsi 32 persen dari pasar dengan rata-rata penjualan 67 sampai 70 unit tiap bulan.

Baca Juga:  Ini Dia Livery Mobil Balap Valentino Rossi, Tetap Pakai Warna dan Nomor Khas

“Tapi itu kan baru data empat bulan awal. Nanti kita lihat sampai pertengahan tahun ini. Kami yakin tetap baik seperti tahun lalu,” terangnya.

Penguatan layanan purnajual

Capaian ini tentu mendorong Mitsubishi untuk meningkatkan pelayanan terhadap konsumen. Selasa lalu (18/06), MMKSI baru saja membuka Bodi & Cat di Balikpapan. Fasilitas yang juga baru pertama hadir di Kalimantan Timur itu, ditujukan untuk menyediakan layanan purnajual lebih lengkap, selain 3S (sales, service dan spareparts) yang sudah duluan ada.

MMKSI sengaja memilih kota ini, lantaran potensi yang cukup tinggi. Sebagai gambaran, Pajero Sport punya pangsa pasar yang besar di sini, yakni 64,6 persen. Sedangkan Triton lebih tinggi lagi, mencapai 82 persen. (Hfd/Van)

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website oto.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Baca Juga:  Mengenal Transmisi IVT pada Hyundai Stargazer

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *