Mobil  

Mercedes-AMG SL Hadirkan Kembali Gaya Soft-Top Klasik, Punya Penggerak 4WD

tautekno.com – STUTTGART – Pecinta roadster Mercedes-Benz SL pasti sudah tidak sabar lagi menanti kehadiran generasi ketujuhnya yang kini bekerja sama dengan divisi balapnya, AMG. Hal itu juga sekaligus membuat namanya menjadi Mercede-AMG SL dan membawa tampilan atap kain yang klasik dengan konfigurasi penumpang 2+2. Selain itu, generasi terbaru dari Mercedes SL ini juga sudah dibekali dengan sistem penggerak all wheel drive sebagai standarnya.

Menurut pabrikan, Mercedes-AMG SL roadster terbaru akan berdiri di atas platform alumunium baru dengan struktur ruang dan bodi mandiri. Hal tersebut diklaim meningkatkan tingkat kestabilan kendaraan 50% lebih besar dibanding model sebelumnya.

Dimensi pada SL terbaru juga lebih melar dan kini memiliki panjang 4.705 mm, lebar 1.915 mm, dan tinggi 1.359 mm. Selain itu, platform terbaru yang digunakan oleh Mercedes-AMG SL ini juga dikabarkan dapat menggendong mesin hybrid yang akan menjadi varian tambahan pada tahun depan.

Mercedes juga menampilkan desain eksterior yang cukup atraktif dengan bumper depan yang terstruktur, grille Panamericana khas AMG dengan kisi-kisi yang buka serta lampu depan LED adaptif bergaya CLS. Selain itu, AMG juga menambahkan spoiler depan aktif dan elemen serat karbon yang disematkan di bagian bawah bodi.

Pada atapnya, Mercedes-AMG SL ini juga menampilkan atap kain tiga lapis yang memiliki bobot 21 kg lebih ringan dari atap baja yang digunakan pada model sebelumnya. Atap ini dioperasikan dengan sakelar di konsol tengah atau melalui layar infotainment dan butuh 15 detik untuk melipat sepenuhnya.

Baca Juga:  Pabrik Daihatsu Kembali Produksi untuk Penuhi Pasar Ekspor

Mercedes-AMG SL akan menghadirkan dua varian yang ditenagai dengan mesin V8 4.0 liter twin-turbo 4Matic dan dikawinkan dengan sistem transmisi otomatis AMG Speedshift 9-percepatan. Paket mesin tersebut menghasilkan angka performa yang berbeda-beda di tiap variannya seperti SL 55 dan SL 63 yang kabarnya memiliki tenaga lebih besar sekitar 577 hp. Di samping itu, pabrikan juga dikabarkan tengah menyiapkan model lain dengan mesin hybrid yang akan disokong oleh mesin konvensional berkapasitas 2.0 liter.

Untuk mendukung kemampuannya di jalan raya, Mercedes-AMG SL terbaru juga akan dibekali dengan beberapa mode pengendaraan yang terdiri dari Slippery, Comfort, Sport, Sport+ dan Individual. Selain itu, tersedia pula paket AMG Dynamic Plus untuk varian SL 55 dan SL 63 dan tersedia mode pengendaraan tambahan yakni Race.

Penyempurnaan agar mobil semakin dinamis

AMG mengatakan telah memfokuskan banyak pekerjaan pengembangan untuk meningkatkan atribut dinamis SL. Model baru ini menerima pengaturan suspensi depan 5-link, double-wishbone baru yang dikombinasikan dengan pengaturan belakang multi-link yang serupa dengan yang digunakan oleh GT yang ada. SL55 memiliki anti-roll bar konvensional sedangkan SL63 menggunakan elemen hidrolik untuk melawan body roll, keduanya dikombinasikan dengan peredam adaptif sebagai standar. Selain itu pada varian SL63 menawarkan diferensial belakang slip terbatas yang dikontrol secara elektronik.

Baca Juga:  Mitsubishi Sebar Teaser Mirage dan Attrage, Wajah Digurat Mirip Xpander

Kedua model tersebut juga akan dibekali dengan rem cakram baja berventilasi 390 mm dan cross-drilled dengan kaliper enam piston di bagian depan. Terdapat pula rem cakram berbahan baja dengan ukuran 360 mm dan kaliper mengambang serta piston tunggal di bagian belakang.

Pada interionya, Mercedes-AMG SL terbaru juga akan menawarkan bahasa desain kabin yang lebih modern yang sebelumnya disematkan pada model Mercedes baru seperti EQS, S-Class dan C-Class. Di tengah dashboard akan tersedia layar sentuh vertikal berukuran 11,9 inci yang dapat disesuaikan untuk duduk pada sudut antara 12 derajat dan 32 derajat. Sistem hiburan ini juga akan didukung dengan sistem operasi MBUX yang menyediakan berbagai menu hiburan di dalam kabin.

Selain itu tersedia pula layar head-up opsional di belakang kemudi palang ganda AMG untuk menampilkan beberapa informasi kendaraan yang juga tertuang pada layar cluster meter berukuran 12,3 inci. Pada sudut lain, terdapat lubang AC yang terinspirasi pada gaya turbin AMG serta panel instrumen yang diambil dari tampilan di pesawat.

Baca Juga:  Ini Fitur-fitur Unggulan Untuk Kenyamanan dan Keselamatan Hyundai IONIQ Electric

Mercedes kabarnya sudah mulai memproduksi SL Roadster terbaru dan siap dipasarkan pada tahun depan di Inggris. Sementara itu, Mercedes juga akan menyusul memasarkan SL Roadster di beberapa negara lain seperti Eropa, Asia dan Amerika. Harga resmi dari model terbaru Mercedes AMG SL belum dikonfirmasi namun kabarnya akan setara dengan sepupunya AMG GT Roadster yang dijual dengan harga 119.990 Poundsterling atau setara Rp 2,3 Miliar off-the road.ALVANDO NOYA / WH

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carvaganza.com. Situs https://tautekno.com adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita). Seluruh informasi yang ditampilkan adalah tanggung jawab penulis (sumber), situs https://tautekno.com tidak mengubah sedikitpun informasi dari sumber.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *